Cari Blog Ini

Senin, 20 Juli 2020

Mari Belajar Al-Quran Q.S At-Tin


Materi PABP Kelas 5

Mari Belajar Al-Quran Q.S At-Tin
Semester 1 2020/2021





Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I



Senin,20 Juli 2020 minggu kedua pembelajaran secara daring di tahun pelajaran 2020/2021.SD N Karanganyar telah menetapkan untuk pembelajaran secara Daring dan Luring.Untuk pembelajarn luring diadakan seminggu sekali di setiap kelasnya dengan melaksanakn protocol pencegahan covid.
Jadwal Pembelajaran luring


Siswa mencuci tangan sebelum masuk kelas
Pertemuan pertama yang di adakan  seminggu siswa datang untuk penjelasan pelaksanaan pembelajaran tahun 2020/2021 dan mengambil buku-buku penunjang.

Sepekan sudah berlalu dan pembelajaran berjalan lancar,namun pada hari sabtu di grup WA Grup sekolah kami ada pemberitahuan untuk penduduk sambeng ada yang terindikasi covid-19.Maka sekolah pun memutuskan untuk pembelajaran luring seminggu sekali bagi siswa perkelas masing-masing di hentikan terlebih dahulu dan menunggu keadaan menjadi aman.

Maka minggu kedua ini pun pembelajaran kembalidi dakan secara daring. Dengan segala keterbatan maka sekolah kamihanya menggunakan grup WA untuk penyampain materi,bisa dengan VN dan juga tayangan youtube yang di kirim lewat WAG.Alhamdulilah 98% siswa bisa mengikuti dengan baik.
Materi PABP Kelas 5
Guru membuka pembelajaran dan menyapa siswa dengan salam serta mengirimkan VN tentang penjelasan materi Q.S.At-Tin.

Q.S.At-Tin
Surat At-Tin terdiri dari 8 ayat turun di kota mekah dan di sebut surat Makiyah.Surat At-Tin merupakan surat ke-95 di dalam Al-Quran.
At-Tin artinya buah Tin.

Makna kandungan surat At-Tin
1.Manusia adalah makhluk yang di ciptakan Allah swt paling baik bentuk jasmani dan rohani.
2.Allah Swt akan menempatkan manusia ke tempat yang paling hina yaitu neraka bagi orang-orang yang tidak mau beriman dan beramal solih
3.bagi orang yang beriman dan beramal solih akan mendapatkan pahala dari Allah Swt yang tidak putus
4.Kepastian adanya hari pembalasan sehingga wajib kita imani
5. Allah Swt adalah hakim yang paling adil dan tidak dapat di pengaruhi oleh siapapun.

Setelah mendengar penjelasan guru siswa di beri kesempatan utuk bertanya. Selanjutnya siswa menulis Q.S.At-Tin beserta arti kemudian membuat resume materi yang di sampaikan oleh guru.
Untuk pertemuan selanjutnya siswa di harapkan mampu untuk menghafal Q.S At-Tin dengan baik dan hafal arti serta mampu memahami isi kandungan surat.

Demikian materi pembelajaran hari ini,semoga bermanfaat
Salam literasi selalu semangat dan happy jalani aktivitas belajar di rumah

2 komentar:

  1. Wow...mantab mbk atik materinya...bu gurunya jg penuh rmangat mengajar sukses selalu pembelajaran daring dan luringnya..trs menulis...mbk atik

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca