Cari Blog Ini

Jumat, 10 Juli 2020

Tak kan Terlupakan

Tak Kan Terlupakan 


Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Menulis buku adalah perbuatan mulia, dengan membaca tulisan seseorang kita mendapat pencerahan tentang ilmu penetahuan dan pengalaman. Sebaik-baiknya  orang adalah bermanfaat bagi orang lain. Maka tiada kata terlambat untuk berbuat baikdan belajar.

Keinginan saya untuk menulis buku sudah puluhan tahun. Dengan tujuan berbagi pengalaman.Sejak masih sekolah dasar sudah senang menulis walau mungkin hanya sekedar menulis di buku kecil tentang hal-hal yang saya alami.Berlanjut saat sekolah menengah pertama di mana masa-masa ini penuh dengan cerita indah mulai dari teman baru sampai kegiatan-kegiatan baru yang di lakukan. Setiap kejadian yang saya alami saya tulis di buku diary kecil.Hingake sekolah jenjang berikutnya bahkan sampai berumah tangga pun masih suka menulis kejadian cerita dan kisah yang saya alami.

Sebagai seorang guru pun mau tidak mau harus menulis, baik dari rencana pembelajaran , materi serta evaluasi semuanya harus di tulis. Dalam syarat  untuk kenaikan pangkat pun guru di tuntut untuk ampu menulis. Banyak hal yang bisa di lakukan oleh serang guru, bisa mulai membuat artikel, jurnal, diktat, Best Practis, PTK dah bahkan buku.

Sejak tahun 2018 saya mulai semangat untuk menulis Ketika itu masuk kelas menulis PTK di BPKPD kabupaten Gunungkidul. Berawal dari masuk kelas itu, saya mulai membuat tulisan. Tahun 2018 PTK yang saya buat sudah saya lampirkan dalam PAK alhamdulilah dapat nilai 4.
Di setiap event-event menulis saya daftar, tahun 2019 ada kegiatan dari PGRI tentang workshop  menulis yang di adakan selama 2 hari in dan kegiatan  on selama 2 minggu. Dari narasumber di sampaikan bahwa setelah kegiatan ini nantinya akan ada lanjutan untuk diklat menulis. Dan benar adanya dalam grup yang di buat dari PGRI kabupaten saya mendapatkan informasi tentang diklat menulis dari PGRI secara daring.

Dengan satu harapan bisa menulis buku  saya pun ikut daftar di kuliah Online gratis yang diadakan  oleh PB PGRI asuhan Bapak Wijaya Kusumah atau lebih di kenal Om Jay. Alhamdulilah Om  Jay menerima saya dan dimasukkan  gelombang 8. Waaw luar biasa dari grup ini saya mengenal Om Jay serta nara sumber-nara sumber hebat serta peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bagai ilalang kering ditengah rerumputan nan hijau bergabung dengan orang-orang hebat sedikit diri merasa minder, namum keingian kuat untuk mampu menulis  yang baik dan menerbitkan buku mengalahkan rasa minderku.

Setelah masuk WA Grup Belajar Menulis gratis PGRI gelombang 8 saya  aktif mengikuti kuliah online. Berharap dari aktif mengikuti kegiatan saya dapat segera mampu menulis dan menerbitkan buku. Pepatah mengatakan "Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Siapa yang bersungguh-sungguhh pasti berhasil.

Di awal pertemuan peserta mendapatkan materi tentang membuat blog. Setelah kita punya blok maka di harapkan peserta mampu memposting tulisan setiap hari dan kedepanya peserta mampu menerbitkan buku sendiri. Alhamdulilah setelah ikut diklat menulis ini dari hari ke hari membuat resume pembelajaran makin ketagihan untuk selalu menulis.

Di grup belajar menulis gratis yang diadakan PGRI bekerja sama dengan Komunitas guru TIK, KKPI, dan komunitas  sejuta  guru ngeblog dan diadakan 20 kali pertemuan dengan dosen-dosen hebat dan penulis nasional sehingga dapat ilmu dan pengalaman. Peserta harus punya blog di internet boleh di blogspot, kompasiana, gurusiana atau WordPress Dengan punya blog kita bisa mendokumenkan tulisan di WA grup. Setelah selesai kuliah online wajib buat resume dan diuplaod ke blog masing-masing. Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya. Agar kita dapat menulis dan menerbitkan buku.

Pembelajaran online Pertama dari Bapak Dedi Dwitagama  29 Maret 2020 dengan tema Belajar Ngeblog dan Jadi Youtuber. Dengan memotivasi saya dan peserta segera membuat blog dan menulis di blog. Dengan  kesimpulan blog dan youtube adalah fasilitas luar biasa untuk meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita dan semesta  raya. Bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan. Materi yang kita uploud walau sampah buat kita bisa bermanfaat buat orang lain dan jika dilakukan berulang, maka akan menjadi hal baik untuk di bagikan. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Selamat mengisi hidup dengan kebaikan karena kebaikan berbalas kebaikan.

Om  Jay guru bloger ternama, youtubber ternama, bapak sejuta  guru blogger Indonesia berhati mulia. Ilmunya dicurahkan semua dengan mendatangkan para bloger ternama, pembicara penulis nasional, para rektor dan dosen ternama, guru berprestasi nasioanal yang memberi ilmu menulis di blog dan menerbitkan buku. Sehingga peserta menjadi penulis handal dan terus  berkarya menerbitkan buku di penerbit mayor dan indie.

Para Nara sumber memberikan pengalamanya panjangnya dengan berproses sampai sukses menjadi penulis handal yang menerbitkan buku berkelas, bahkan besarnya uang diterima dari penerbit mayor.
Motivasi Om Jay setiap hari Menulislah setiap hari dengan  hati buktikan apa yang terjadi. Ternyata tulisan Om Jay di blog diterbitkan menjadi banyak buku yang terjual laris manis.
Om Jay dari menulis dapat tambahan keuangan juga hadiah dari PTKnya yang jadi juara nasional. Ia bisa keliling dunia gratis, dapat kesempatan belajar menulis di China dan PTKnya diterbitkan penerbit Mayor. Om Jay dapat royalti  dari buku  untuk membuat rumah. Om Jay sering jadi pembicara penulis nasional. Keren.kan?Kemudian dari tulisan di blognya yang sudah banyak diterbitkan menjadi buku dan dijual laris manis.

Pengalaman pertama setelah mebuat Blog
Saya sangat bangga sekali setelah bisa membuat blog,  karena ini hal baru bagi saya dan guru-guru se-Indonesia. Dengan menggunkan nama  masing-masing. Bolg saya menggunakan nama 81-atik.blogspot.com. Karena atik ini nama panggilan saya dari kecil. Dengan mempunyai blog kita bisa memasukkan tulisan kita.
Yang pertama resume kuliah on line setiap malam pukul 19.00-21.00 yang sifatnya wajib.
 Yang kedua kita bisa berbagi pengalaman pengetahuan tentang apa saja bahkan termasuk puisi. Di awal-awal pertemuan OmJay selalu mengirim gambar untuk di tulis beberapa paragraf. Saat itu Om Jay mengirimkan gambar uang seratus ribu rupiah om Jay meminta untuk menulis tentang uang tersebut. Para peserta pun segera membuat tulisan dan segera mengirimkan tulisan tersebut di grup menulis gelombang 8. Saya pun demikian segera membuat tulisan tentang uang tersebut dan segera saya kirimkan lewat grup wa grup menulis gelombang 8. Tidak mengira sama sekali tulisan saya ternyata tulisan terbaik yang mampu memberi inspirasi orang lain dan saya pun mendapatkan hadiah paket pulsa 100 ribu rupiah. Al-hamdulilah tidak menyangka sama sekali saya akan mendapatkan hadiah tersebut.Perasaan senang dan bangga pun saya alami. Sejak saat itu saya semakin semangat untuk menulis di blog.

Kata yang selalu membuat saya semangat yaitu, kata Om Jay menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Ini benar-benar membakar semangat menulis saya  dan guru-guru peserta menulis ini. Lebih lanjut terbitkan buku anda  dari tulisan di blok.

Dengan memposting tulisan kita setiap hari baik resume atau tulisan pribadi maka kita sudah bisa berbagi kepada pembaca. Untuk itu Om Jay selalu menyarankan sering-seringlah berkunjung ke blog teman agar dapat pengalaman cara nulis cara meresume dari  berbagai orang sehingga kita dapat pelajaran dari sini untuk menemukan brand kita ciri tulisan kita.
Dengan salaing kunjung kita selalau suport teman -teman dengan kata-kata:
"Keren",
"Mantab",
"Mantul Resumnya",
Kata-kata ini yang menambah semangat menulis. Hadiah kedua dari tulisan saya dengan 3 bloger resume terbaik dari nara sumber Bapak Ukim Komarudin dengan tema " Menerbikan buku di penerbit mayor"  dan dapat hadiah buku dari penerbit Andi Yogya menambah semangat menulis saya.
Selanjutnya saya mendapatkan hadiah kejutan yang ketiga dari penerbit Andi saya diantara 9 guru blogger Indonesia digrup 8 mendapatkan hadiah kejutan tentang menulis dengan kategori mampu menggerakkan guru lainya untuk aktif menulis di blok. Ya Allah bersyukur yang tak terhingga dengan hadiah kejutan yang ketiga ini. Terimaksih Om Jay terimakasih naras umber-nara sumber hebat, terimaksih penerbit Andi, terimaksih PB PGRI yang telah menfasilitasi kegiatan ini.

Selanjutnya dari menulis di blog kita bisa terbitkan buku baik pribadi maupun bersama. Buku pribadi otomatis dari resume atau buku solo sendiri. Alhamdulilah dari saling kunjung blog maka sepakat bersama Om Jay  terbitkan buku antologi :
1. Belajar Efektif di Rumah bersama peserta gelombang 8 dengan Wijaya Kusumah dkk.
2. Antologi Kisah Inspiratif bersama peserta gelombang 8 Cak kinin dan Bu Nora Purwalita sebagai koordinatornya.
3. Semangat Menulis Bersama Bapak Akbar Zainudin

Om Jay dalam siaran yutubnya mengatakan  bahwa grup 8 lah yang paling seru komunikasi di wa saling suport dan saling kunjung ke blog. Maka untuk mengikat keakraban dan untuk kenangan grup dengan karena terinspirasi banyak Nara sumber hebat termasuk Catatan Bu Kanjeng karya Ibu Sri Sugiastuti yang luar biasa bagusnya,  Cak Kinin mengusulkan membuat buku Antologi Kisah Inspiratif bersama grup 8 dengan dibantu Bu Nora Purwalita untuk koordinasinya dan diikuti 39 orang dengan Om Jay.

Luar biasa pada tanggal 5 Juni 2020, seorang ibu yang bernama Sri Sugiastuti atau nama keren Bu Kanjeng berbagi pengalaman yang menginspiratif kepada peserta kuliah online  bahwa di usia 50 tahun beliau berproses menjadi penulis yang handal dengan prinsip "Batter Late Than Never " dan sudah menerbitkan lebih 40 buku.
Kami melalui blog sudah saling sapa. Akhirnya saya terinspirasi.

Pada tanggal 26 Juni 2020 saya mendapatkan materi dari Bapak Nanim AB Ibnu Solihin seorang founder motivatorpendidikan.com dengan tema “ m
Membangun Personal Branding melalui Medsos dan Blog.

Membangun Branding memang tidak mudah . Kita harus fokus dan sungguh-sungguh. Membangun  branding melalui medsos dan blog juga harus selaras dengan kepribadian dan aktivitas yang kita lakukan. Menulis konten blog dengan konsisten pada branding yang kita miliki adalah kwajiban yang harus di taati. Kalau mau di kenal sebagai pakar Pendidikan  ya sudah menulislah tentang pendidikan. Motivasi  terbesar dari bapak nanim adalah “ Jadilah pribadi yang menginspirasi,menggerakkan dan meneladani.

Teruslah belajar dengan banyak sumber. Banyaklah membaca buku. Karena kita tidak mungkin bisa  menulis jika malas membaca. Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang. Fokuslah menulis sesuai dengan kemampuan kita. Menulislah dari hati maka tulisan kita pun akan sampai ke hati pembaca.

20 komentar:

  1. Wow...luar biasa..mantab..pengalaman hidup yg sungguh mengagumkan mbk atik..terus menulis setiap hr dan buktikan yg akn terjadi

    BalasHapus
  2. Mantap.. Iya tulis dan tulis terus dan terus membaca... Semangat...salam literasi

    BalasHapus
  3. Mksih bu rita..maaf saya bu atik. Hehe..salam knal..

    BalasHapus
  4. Semangat selalu... Semoga bermanfaat bagi semua ya bukk

    BalasHapus
  5. Luar biasa dek lnjtkn terusšŸ‘

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Bismilah bu dewi..smg impian segera terwujud..untyk bisa berbagi dg mnulis..

      Hapus
  7. Bagus banget,. Alhamdulillah. .

    BalasHapus
  8. Mantul bun
    Semangat utk menghasilkan karya

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca