WORKSHOP KURIKULUM SD N KARANGANYAR TAHUN 2022/2023
Selasa, 31 Mei 2022 SD N Karanganyar mengadakan workshop Kurikulum
dengan susunan acara sebagai berikut :
1.
Pembukaan
2.
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya
3.
Sambutan
Kepala Sekolah
4.
Sambutan
Pengawas
5.
Pemaparan
Kurikulum
6.
Tanggapan
Komite
7.
Closing
Statements/kesimpulan pengawas
8.
Lain-lain
(penyerahan draf kurikulum
9.
Menyanyikan
lagu Padamu Negeri
10.
Penutup
Acara di buka dengan membaca doa di lanjutkan menyanyikan lagu Indonesia
Raya.
Sambutan kepala sekolah
Ucapan syukur atas rahmad
Allah Swt yang telah memberikan rahmad dan karunia-Nya sehingga dapat
mengahadiri kegiatan Workshop Kurikulum SD N karanganyar dengan keadaan sehat.
Ucapan selamat datang Ibu pengawas Kapanewon Gedangsari, Ketua Komite dan bapak
ibu pengurus Komite, perwakilan pengurus POT siswa, Bapak Ibu guru serta
karyawan karyawati SDN Karanganyar dan juga perwakilan siswa siswi.
Beliau menyampaikan bahwa kurikulum harus di persiapkan sebelum
tahun ajaran baru karena kalau belum ada kurikulum maka sekolah ibarat berjalan
seperti tak ada arah seperti meraba-raba. Untuk itu SDN Karanganyar sebelum
tahun ajaran baru telah memyusun dan mempersiapkan kurikulum yang akan di
gunakan di tahun ajaran baru. Setelah pemaparan nanti Ibu kepala sekolah
meminta kritik dan saran dari Ibu pengawas agar kurikulum yang di susun bisa di
perbaiki dan di jadikan pedoman pada SD Karannganyar. Sekalipun kurikulum sudah
di syahkan namun di tengah perjalanan terkadang ada aturan baru dan perubahan.
Untuk itu beliau sampaikan untuk tim akan siap perbaiki.
Sambutan pengawas
Ibu Pengawas Susila Rahayu menyampaikan bahwa SD N Karanganyar di bawah kepemimpinan
Ibu Kepala Sekolah Ibu Riyantiningsih,
S.Pd.SD banyak mengalami kemajuan. Ibu kepala sekolah sebagai sosok yang hebat,
cerdas, tanggap berani ambil tantangan. Mengapa dikatakan hebat? karena terbukti beberapa capaian yang sudah di
lakukan. Juga di SD Karanganyar sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar.
Dalam kurikulum merdeka belajar ada 3 level yaitu:
1) Mandiri belajar
2) Mandiri berubah
3) Mandiri berbagi.
Nha SD Karanganyar sudah mengambil yang level dua artinya SD
Karanganyar siap berubah. Dengan
menggunakan kurikulum merdeka belajar di level 2 ini maka RPP sudah bisa mengadopsi dan bisa
mendouowload Aplikasi merdeka mengajar. Saat ini untuk diklat/ sosialisasi
kurikulum baru tidak di sampaikan dari
Dinas Pendidikan namun kita harus mandiri belajar misalnya mencari dari youtube.
Beliau menghimbau agar KKG di SD karanganyar di Gugus Ngalang ini dapat
diberdayakan. Guru harus bergerak.
Kurikulum yang berubah bertahab mulai dari kelas satu dan kelas empat untuk yang
lain masih menggunakan kurikulum 2013. Guru diminta harus siaga dan selalu
ubdate dari aplikasi yang di douwload dari hp. Jika hp kita jadul tentu kita
tak bisa mengikuti karena tidak mampu
untuk digiunakan. Di zaman tehnologi saat ini maka kita tak boleh ketinggalan
dan kita harus mampu mengikutinya. Kita manfaatkan tehnologi yang ada dengan
hal yang bermanfaat. Terutama untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan.
Di SD Karanganyar ini sudah mempraktekkan memanfaatkan tehnologi,
dalam ujian ASPD SD Karanganyar telah mampu menggunakan TI sendiri. Dan juga
saat ujian PTS dan ujian lainya sudah menggunakan Google Form. Artinya SD
Karanganyar sudah mampu mengikuti perkembangan tehnologi yang ada.
Sepandai-pandainya guru dan secerdas-cerdasnya siswa maka tak ada gunanaya jika
tak ditanamkan nilai-nilai yang berkarakter. untuk itu visi masukkan profil
pelajar pancasila jangan sampai anak cerdas namun tak berkarakter.
Pemaparan Kurikulum
Ibu Astuti Rahayu memaparkan
draf kurikulum mulai dari Bab I pendahuluan,
Bab II Tujuan bab III muatan kurikulum, Bab IV Kalender Pedidikan. Secara garis
besar berikut pemapan dari Ibu Astuti Rahayu,S,Pd.SD.
Pengembangan kurikulum SD Negeri Karanganyar disusun sebagai
perwujudan kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum, yang memungkinkan
sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan
kondisi daerah. Dengan demikian, sekolah memiliki cukup kewenangan untuk
merancang dan menentukan hal-hal yang diajarkan, pengelolaan pengalaman
belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.
Tujuan Kurikulum Merdeka dibuat adalah pemulihan dari
ketertinggalan pembelajaran atau recovery dari learning loss akibat pandemi
COVID-19.
Secara akademik, Kurikulum Merdeka bertujuan:
1.
Membangun
argumentasi rasional intervensi kurikulum dalam upaya mengatasi krisis
pembelajaran di Indonesia.
2.
Menyusun
alternatif kurikulum yang berorientasi pada peningkatan kualitas proses
pembelajaran dan mengoptimalkan hasil belajar namun tetap mempertimbangkan keragaman
karakteristik satuan pendidikan.
3.
Menyusun
strategi pemilihan alternatif kurikulum bagi satuan pendidikan.
DI Bab II terdapat visi dan misi sekolah yaitu :
Visi
Terwujudnya insan beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil,
berprestasi, berkepribadian dan beradab.
Misi
1.
Mewujudkan
generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Meningkatkan
prestasi akademik melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif
dan menyenangkan.
3.
Meningkatkan
prestasi non akademik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan
pengembangan diri.
4.
Mewujudkan
generasi yang tanggap terhadap perkembangan sains, teknologi, informasi dan
komunikasi.
5.
Mengembangkan
budaya, kreatifitas, nalar dan disiplin yang tinggi
6.
Membina
komunikasi interaktif antarasekolah,
masyarakat dan stakeholder pendidikan.
7.
Memberikan
kesempatan pada seluruh siswa termasuk Anak Berkebutuhan Khususuntuk
mengembangkan aspek kecerdasan intelektual, social, emosional dan kinestetik
secara optimal.
8.
Melaksanakan
manajemen berbasis sekolah secara jujur dan professional.
9.
Membangun
budaya sekolah berwawasan global berbasis kearifan lokal.
10.
Menciptakan
lingkungan sekolah yang kondusif dengan kegiatan 7K ( Keamanan, Kebersihan,
Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian, Kerindangan ).
11.
Membangun
budaya sekolah berwawasan kebencanaan
12.
Membudayakan
7SMPT ( Senyum,Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Sodaqoh, Maaf , Permisi,
Terimakasih ).
Pengembangan diri/ Ekstrakulikuler
Pengembangan diri/Ekstrakurikuler
di SD Negeri Karanganyar Gedangsari terdiri atas :
1.
Baca
Tulis AL-Quran
2.
Pramuka
3.
TIK
4.
Bahasa
Inggris
5.
Drumband
6.
Tari
7.
Pencak
Silat
8.
Hadroh
Dengan keadaan siswa di SD N Karaganyar yang secara akademik masih sedikit tertinggal dengan SD yang lain, maka SD N Karanganyar meningkatkan kemamapuan anak di bidang yang lain. Untuk itu pengembangan diri di SD N Karanganyar di ambil dengan berbagai ekstra agar siswa dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai bidang yang di minati dan di kuasainya.
Pengembangan nilai-nilai karakter Indonesia
ü Membiasakan budaya ”7SMTP”
(Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Shodaqoh, Maaf, Terima Kasih,
Permisi)
ü Melaksanakan ta’ziah, tolong menolong, besuk orang sakit, bakti
sosial
ü Pengumpulan Infaq
ü Membiasakan Budaya Kerja
ü Sholat berjamaah
Tujuan Sekolah mencakup tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek.
Tujuan jangka panjang 5 tahun sedangkan tujuan jangka pendek satu tahun.
Sambutan ketua komite
Alhamdulialh beliau menyampaikan tanggapanya tentang kurikulum yang
dipaparkan Ibu Astuti Rahayu dan dengan bimbingan serta arahan dari Ibu
Pengawas yang memiliki nama sama yaitu sama-sama Rahayu. Semoga apa yang
menjadi harapan dapat menjadikan pedoman pijakan yang baik untuk kedepan sampi
bisa membawa siswa –siswa selamat menuju gerbang kesuksesan. Kurikulum sebagai
acuan, komite ikut menyetujui namun agar
semua dapat di gunakan. Di tahun depan agar
di buat resume saja agar kami bisa cepat memahami tidak kebingungan. Semua pihak di harapkan bisa bekerja sama agar
dapat lari secepat-cepatnya. Semoga
corona segera sirna agar kita dapat melaksanakan tugas-tugas kita dengan baik.
Closing Statements dari
pengawas.
Pertama diucapkan terimakasih untuk Ibu Astuti Rahayu yang telah
memaparkan kurikulum. Hasil analisis kurikulum SD Pada dasrnya kutrikulum sudah
di susun dengan baik. yang namanya drap itu perlu ada revisi. karena akan di
sesuaikan dengan kondisi sekolah. Karakter tiap sekolah berbeda. mana yang akan
di tonjolkan mana yang tidak mnimbulkan minat dan bakat anak-anak diganti
dengan yang banyak di minati siswa atau yang paling unggul. Untuk Guru ekstra
harus di jelaskan guru dari luar harus di jelaskan. Di harapkan ekstra yang
kira-kira maju lomba dan tidak nampak untuk lomba maka di ganti yang dapat
menimbulkan sesuatu yang potensi anak-anak dapat di tonjolkan untuk
berprestasi. Olah raga misal.. Untuk ektra tari ada spesifikasi.
# Sedikit koreksi untuk penulisan jenis huruf dan halaman font di
sempurnakan. TMR. margin 2.2 dan 2,5. spasi 1.5. Penomeran pendahuluan ada bab bawah tengah. Kurikulum digunakan seumur
hidup dalam visi boleh ditulis. Muatan
kurikulum kalas satu dan empat itu mata pelajaran. dengan menggunakan modul. Pada saatnya PAT
nanti tidak di buatkan dari dinas. kurikulum K13 pakai KKM sedangkan kurikulum
ini nilai terendah atau yang paling sedikit tetap di luluskan. untuk klas
2,3,5,6 kecuali PAPB tereintegrasi di semua mapel. Beban belajar diisi setelah
kalender pendidikannya sudah ada.
Hal Judul Tulisan Tahun
Ajaran, Hal rekomendasi untuk NIP
sambung saja, Hal pengesahan harap di tulis lembar pengesahan. Kurikulum. indikator
visi silahkan disebutkan. misi disesuaikan. Bab 3 kurikulum mengacu pada yang sudah di share
I-4 mapel yang lain tematik. Pembagian jam tiap kelas 32, 32, 36 ,38,38,38 JPL di
sesuaikan dengan kondisi sekolah. untuk ekstra yang menjadi keunggulan yang
mmbuat karakter lebih baik yang menghrumkan nama baik sekolah silahkan. Tema
beda yang biasanya sekarng ada 5 tema.
KKM bahasa jawa paling sedikit untuk itu silahkna bagamana kita untuk bisa meningkatkan penguasaan bahasa Jawa. Untuk ekstra KKM minimal
B maka jangan beri nilai C. KKM kelulusan
di tabel di perhatikan kelulusan paling jelek Matematika. Pendidikan kecakapan
hidup. Nilai karakter di munculkan semua. Gerakan literasi masuk di jadwal.
Berita acara. telaah kurikulum. Dalam kurikulum ini mohon masukkan profil
pelajar pancasila.
Penyerahan daraf kurikulum
Selanjutnya menyanyikan lagu Padamu Negeri. Acara di tutup dengan
membaca al-fatihah bersama.
Demikian acara workshop kurikulum SD N Karanganyar. Semoga draf kurikulum yang sudah di paparkan dapat di
perbaiki dan segera di syahkan sehingga saat tahun pelajaran baru sudah bisa du
gunakan sebagai acuan SD N Karanganyar dalam melaksanakan pembelajaran di tahun
pelajaran 2022/2023.
Gunungkidul, 6 Juni 2022
Semangat menyambut tahun ajaran baru dengan kurikulum baru. Semoga sukses utk Ibu Bapak guru semua.
BalasHapusTerimakasih Ust..
HapusAlhamdulillah, workshop lancar dan sukses. Semoga kurikulum dapat dijadikan pedoman SDN Karanganyar Gedangsari. Siswa mampu berprestasi dengan tetap berkarakter profil pelajar Pancasila.
BalasHapusTerimakadih Ibu untuk kritik da. Sarannya...hingga acara bisa berjalan dengan lancar. InsyaAllah kami perbaiki.
HapusAcara yang sangat baguus .
BalasHapusTerimksih Bu Ovi
HapusMantab menguraikan ceritanya
BalasHapusHehe.. iya Pak Beje... Notulis.. 😊🙈
HapusWah serasa mengikuti workshop,. terima kasih atas sharing infonya Dan ilmunya
BalasHapusTerimakasih mbk.. sudah mampir..
Hapus