Cari Blog Ini

Senin, 06 Juni 2022

WORKSHOP KURIKULUM SD N KARANGANYAR TAHUN 2022/2023

 

WORKSHOP KURIKULUM SD N KARANGANYAR TAHUN 2022/2023

 


Selasa, 31 Mei 2022 SD N Karanganyar mengadakan workshop Kurikulum dengan susunan acara sebagai berikut :

1.      Pembukaan

2.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya

3.      Sambutan Kepala Sekolah

4.      Sambutan Pengawas

5.      Pemaparan Kurikulum

6.      Tanggapan Komite

7.      Closing Statements/kesimpulan pengawas

8.      Lain-lain (penyerahan draf kurikulum

9.      Menyanyikan lagu Padamu Negeri

10.  Penutup

Acara di buka dengan membaca doa di lanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Sambutan kepala sekolah

Ucapan  syukur atas rahmad Allah Swt yang telah memberikan rahmad dan karunia-Nya sehingga dapat mengahadiri kegiatan Workshop Kurikulum SD N karanganyar dengan keadaan sehat. Ucapan selamat datang Ibu pengawas Kapanewon Gedangsari, Ketua Komite dan bapak ibu pengurus Komite, perwakilan pengurus POT siswa, Bapak Ibu guru serta karyawan karyawati SDN Karanganyar dan juga perwakilan siswa siswi.

Beliau menyampaikan bahwa kurikulum harus di persiapkan sebelum tahun ajaran baru karena kalau belum ada kurikulum maka sekolah ibarat berjalan seperti tak ada arah seperti meraba-raba. Untuk itu SDN Karanganyar sebelum tahun ajaran baru telah memyusun dan mempersiapkan kurikulum yang akan di gunakan di tahun ajaran baru. Setelah pemaparan nanti Ibu kepala sekolah meminta kritik dan saran dari Ibu pengawas agar kurikulum yang di susun bisa di perbaiki dan di jadikan pedoman pada SD Karannganyar. Sekalipun kurikulum sudah di syahkan namun di tengah perjalanan terkadang ada aturan baru dan perubahan. Untuk itu beliau sampaikan untuk tim  akan siap perbaiki.


Sambutan pengawas

Ibu Pengawas Susila Rahayu menyampaikan  bahwa SD N Karanganyar di bawah kepemimpinan Ibu Kepala Sekolah  Ibu Riyantiningsih, S.Pd.SD banyak mengalami kemajuan. Ibu kepala sekolah sebagai sosok yang hebat, cerdas, tanggap berani ambil tantangan. Mengapa dikatakan hebat? karena  terbukti beberapa capaian yang sudah di lakukan. Juga di SD Karanganyar sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar. Dalam kurikulum merdeka belajar ada 3 level yaitu:

1) Mandiri belajar

2) Mandiri berubah

3) Mandiri berbagi. 

Nha SD Karanganyar sudah mengambil yang level dua artinya SD Karanganyar siap berubah.  Dengan menggunakan kurikulum merdeka belajar di level 2 ini maka  RPP sudah bisa mengadopsi dan bisa mendouowload Aplikasi merdeka mengajar. Saat ini untuk diklat/ sosialisasi kurikulum baru tidak di sampaikan  dari Dinas Pendidikan namun kita harus mandiri belajar misalnya mencari dari youtube.

Beliau menghimbau agar KKG di SD karanganyar di Gugus Ngalang ini dapat  diberdayakan. Guru harus bergerak. Kurikulum yang berubah bertahab mulai dari kelas satu dan kelas empat  untuk  yang lain masih menggunakan kurikulum 2013. Guru diminta harus siaga dan selalu ubdate dari aplikasi yang di douwload dari hp. Jika hp kita jadul tentu kita tak bisa mengikuti  karena tidak mampu untuk digiunakan. Di zaman tehnologi saat ini maka kita tak boleh ketinggalan dan kita harus mampu mengikutinya. Kita manfaatkan tehnologi yang ada dengan hal yang bermanfaat. Terutama untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan.

Di SD Karanganyar ini sudah mempraktekkan memanfaatkan tehnologi, dalam ujian ASPD SD Karanganyar telah mampu menggunakan TI sendiri. Dan juga saat ujian PTS dan ujian lainya sudah menggunakan Google Form. Artinya SD Karanganyar sudah mampu mengikuti perkembangan tehnologi yang ada. Sepandai-pandainya guru dan secerdas-cerdasnya siswa maka tak ada gunanaya jika tak ditanamkan nilai-nilai yang berkarakter. untuk itu visi masukkan profil pelajar pancasila jangan sampai anak cerdas namun tak berkarakter.

 

Pemaparan Kurikulum

Ibu Astuti Rahayu memaparkan  draf kurikulum mulai dari  Bab I pendahuluan, Bab II Tujuan bab III muatan kurikulum, Bab IV Kalender Pedidikan. Secara garis besar berikut pemapan dari Ibu Astuti Rahayu,S,Pd.SD.

Pengembangan kurikulum SD Negeri Karanganyar disusun sebagai perwujudan kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum, yang memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah. Dengan demikian, sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

Tujuan Kurikulum Merdeka dibuat adalah pemulihan dari ketertinggalan pembelajaran atau recovery dari learning loss akibat pandemi COVID-19.

Secara akademik, Kurikulum Merdeka bertujuan:

1.      Membangun argumentasi rasional intervensi kurikulum dalam upaya mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia.

2.      Menyusun alternatif kurikulum yang berorientasi pada peningkatan kualitas proses pembelajaran dan mengoptimalkan hasil belajar namun tetap mempertimbangkan keragaman karakteristik satuan pendidikan.

3.      Menyusun strategi pemilihan alternatif kurikulum bagi satuan pendidikan.

DI Bab II terdapat visi dan misi sekolah yaitu :

Visi

Terwujudnya insan beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, berprestasi, berkepribadian dan beradab.

Misi

1.      Mewujudkan generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Meningkatkan prestasi akademik melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan.

3.      Meningkatkan prestasi non akademik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pengembangan diri.

4.      Mewujudkan generasi yang tanggap terhadap perkembangan sains, teknologi, informasi dan komunikasi.

5.      Mengembangkan budaya, kreatifitas, nalar dan disiplin yang tinggi

6.      Membina komunikasi interaktif  antarasekolah, masyarakat dan stakeholder pendidikan.

7.      Memberikan kesempatan pada seluruh siswa termasuk Anak Berkebutuhan Khususuntuk mengembangkan aspek kecerdasan intelektual, social, emosional dan kinestetik secara optimal.

8.      Melaksanakan manajemen berbasis sekolah secara jujur dan professional.

9.      Membangun budaya sekolah berwawasan global berbasis kearifan lokal.

10.  Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan kegiatan 7K ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian, Kerindangan ).

11.  Membangun budaya sekolah berwawasan kebencanaan

12.  Membudayakan 7SMPT ( Senyum,Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Sodaqoh, Maaf , Permisi, Terimakasih ).

Pengembangan diri/ Ekstrakulikuler

Pengembangan diri/Ekstrakurikuler  di SD Negeri Karanganyar Gedangsari terdiri atas :

1.      Baca Tulis AL-Quran

2.      Pramuka

3.      TIK

4.      Bahasa Inggris

5.      Drumband

6.      Tari

7.      Pencak Silat

8.      Hadroh

Dengan keadaan siswa di SD N Karaganyar yang secara akademik masih sedikit tertinggal dengan SD yang lain, maka SD N Karanganyar meningkatkan kemamapuan anak di bidang yang lain. Untuk itu pengembangan diri di SD N Karanganyar di ambil dengan berbagai ekstra agar siswa dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai bidang yang di minati dan di  kuasainya.

Pengembangan nilai-nilai karakter Indonesia

ü  Membiasakan budaya  ”7SMTP” (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Shodaqoh, Maaf, Terima Kasih, Permisi)

ü  Melaksanakan ta’ziah, tolong menolong, besuk orang sakit, bakti sosial

ü  Pengumpulan Infaq

ü  Membiasakan Budaya Kerja

ü  Sholat berjamaah

Tujuan Sekolah mencakup tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka panjang 5 tahun sedangkan tujuan jangka pendek satu tahun.

Sambutan ketua komite

Alhamdulialh beliau menyampaikan tanggapanya tentang kurikulum yang dipaparkan Ibu Astuti Rahayu dan dengan bimbingan serta arahan dari Ibu Pengawas yang memiliki nama sama yaitu sama-sama Rahayu. Semoga apa yang menjadi harapan dapat menjadikan pedoman pijakan yang baik untuk kedepan sampi bisa membawa siswa –siswa selamat menuju gerbang kesuksesan. Kurikulum sebagai acuan,  komite ikut menyetujui namun agar semua dapat di gunakan.  Di tahun depan agar di buat resume saja agar kami bisa cepat memahami tidak kebingungan.  Semua pihak di harapkan bisa bekerja sama agar dapat lari secepat-cepatnya.  Semoga corona segera sirna agar kita dapat melaksanakan tugas-tugas kita dengan baik.

Closing Statements dari pengawas.

Pertama diucapkan terimakasih untuk Ibu Astuti Rahayu yang telah memaparkan kurikulum. Hasil analisis kurikulum SD Pada dasrnya kutrikulum sudah di susun dengan baik. yang namanya drap itu perlu ada revisi. karena akan di sesuaikan dengan kondisi sekolah. Karakter tiap sekolah berbeda. mana yang akan di tonjolkan mana yang tidak mnimbulkan minat dan bakat anak-anak diganti dengan yang banyak di minati siswa atau yang paling unggul. Untuk Guru ekstra harus di jelaskan guru dari luar harus di jelaskan. Di harapkan ekstra yang kira-kira maju lomba dan tidak nampak untuk lomba maka di ganti yang dapat menimbulkan sesuatu yang potensi anak-anak dapat di tonjolkan untuk berprestasi. Olah raga misal.. Untuk ektra tari ada spesifikasi.

# Sedikit koreksi untuk penulisan jenis huruf dan halaman font di sempurnakan. TMR. margin 2.2 dan 2,5. spasi 1.5.  Penomeran pendahuluan ada bab  bawah tengah. Kurikulum digunakan seumur hidup  dalam visi boleh ditulis. Muatan kurikulum kalas satu dan empat itu mata pelajaran.  dengan menggunakan modul. Pada saatnya PAT nanti  tidak di buatkan dari dinas.  kurikulum K13 pakai KKM sedangkan kurikulum ini  nilai terendah atau yang  paling sedikit tetap di luluskan. untuk klas 2,3,5,6 kecuali PAPB tereintegrasi di semua mapel. Beban belajar diisi setelah kalender pendidikannya sudah ada.

Hal Judul  Tulisan Tahun Ajaran, Hal rekomendasi  untuk NIP sambung saja, Hal pengesahan harap di tulis lembar pengesahan. Kurikulum. indikator visi silahkan disebutkan. misi disesuaikan. Bab 3  kurikulum mengacu pada yang sudah di share I-4 mapel yang lain tematik. Pembagian jam tiap kelas 32, 32, 36 ,38,38,38 JPL di sesuaikan dengan kondisi sekolah. untuk ekstra yang menjadi keunggulan yang mmbuat karakter lebih baik yang menghrumkan nama baik sekolah silahkan. Tema beda yang biasanya  sekarng ada 5 tema. KKM bahasa jawa paling sedikit untuk itu silahkna bagamana kita untuk bisa meningkatkan  penguasaan bahasa Jawa. Untuk ekstra KKM minimal B maka jangan beri nilai C. KKM  kelulusan di tabel di perhatikan kelulusan paling jelek Matematika. Pendidikan kecakapan hidup. Nilai karakter di munculkan semua. Gerakan literasi masuk di jadwal. Berita acara. telaah kurikulum. Dalam kurikulum ini mohon masukkan profil pelajar pancasila.

Penyerahan daraf kurikulum


Selanjutnya menyanyikan lagu Padamu Negeri. Acara di tutup dengan membaca al-fatihah bersama.

Demikian acara workshop kurikulum SD N Karanganyar. Semoga  draf kurikulum yang sudah di paparkan dapat di perbaiki dan segera di syahkan sehingga saat tahun pelajaran baru sudah bisa du gunakan sebagai acuan SD N Karanganyar dalam melaksanakan pembelajaran di tahun pelajaran 2022/2023.

Gunungkidul, 6 Juni 2022

 

10 komentar:

  1. Semangat menyambut tahun ajaran baru dengan kurikulum baru. Semoga sukses utk Ibu Bapak guru semua.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, workshop lancar dan sukses. Semoga kurikulum dapat dijadikan pedoman SDN Karanganyar Gedangsari. Siswa mampu berprestasi dengan tetap berkarakter profil pelajar Pancasila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakadih Ibu untuk kritik da. Sarannya...hingga acara bisa berjalan dengan lancar. InsyaAllah kami perbaiki.

      Hapus
  3. Wah serasa mengikuti workshop,. terima kasih atas sharing infonya Dan ilmunya

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca