Cari Blog Ini

Minggu, 11 Juli 2021

Moment di Hari Pertama

 

Moment di Hari Pertama



Hari ini Senin, 12 Juli 2021 adalah hari pertama masuk sekolah. Hari pertama  tahun pelajaran baru tahun pelajaran 2021/2022  masih tetap samaseperti tahun kemarin. Secercah harap tuk bisa tatap muka bertemu dan belajar dengan siswa sirna tatkala di berlakukannya PPKM pada tanggal 3 - 20 Juli 2021. Apapun keadaanya sebagai guru kita harus mampu membakar semangat anak didik kita.

Untuk menyambut siswa baru kelas satu, sehari sebelum pembelajaran, aku sampaikan pada siswa baru untuk bisa bergabung ke google meet untuk bisa berkenalan dan saling sapa. Antusias wali sangat baik, setelah aku sampaikan untuk bisa mendouwload aplikasi meet di Plays store agar hari Senin sudah bisa bergabung.

Link aku bagikan dan tiga menit pertama sudah ada yang bisa masuk. Beberapa menit kemudian siswa lain juga bisa gabung. Sampai tujuh siswa masuk dan lama siswa lain tak menyusul akhirnya aku mulai sampaikan beberapa hal ketentuan untuk siswa baru yang masuk ke SD Karanganyar, Gedangsari, Gunungkidul.

Selanjutnya aku minta semua siswa yang sudah tergabung untuk menyapa teman-temanya dan perkenalkan diri. Melihat keberanian mereka untuk berkenalan aku begitu bahagia. Semangat ya nak, semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa belajar normal secara tatap muka. Waktu terus berjalan tiga puluh menit telah berlalu dan tiba saatnya aku tutup meet hari ini. Bagi sembilan siswa yang belum bisa bergabung aku minta untuk mengirimkan video perkenalannya di WA grup. Beberapa siswa kemudian mengirimkan vidionya. Waah.. sungguh aku ingin bisa segera berjumpa dengan siswa-siswa baru secara langsung. Aura bahagia terpancar pada raut wajah siswa-siswa baru yang penuh harapan baru.




Sebagai guru mapel tentu aku juga harus masuk ke kelas yang lain. Aku pun segera melanjutkan kegiatan di kelas lain untuk kelas enam aku sampaikan agar hari ini bisa murojaah hafalan pada saat kelas lima dulu. Aku minta setelah mereka selesai murojaah segera mengisi list link absen yang sudah saya kirimkan di grup.

Alhamdulilah hari pertama masuk aku bisa menyapa semua siswaku dari kelas 1 sampai kelas 6. Semangat untuk kita semua apapun yang terjadi kita harus tetap jalani. Kita manfaatkan pertemuan pertama kita penuh makna agar selanjutnya siswa semakin terkesan dan semangat.

Salam sehat, salam literasi tetap semangat.

Gunungkidul, 12 Juli 2021

16 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa saling menyapa walaupun lewat layar ya Bu.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah berjalan sesuai rencana ya Bu, meskipun lewat zoom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buk.. Walau sbnarnya rencana sudah mulai tatap muka..

      Hapus
  3. Alhamdulillah...terus semangat ya Bu, semoga pandemi ini segera berakhir sehingga sekolah tatap muka bisa dilaksanakan kembali.

    BalasHapus
  4. Semangat terus mbk atik...tak ada alasan utk tdk menyapa para siswa di hari pertama awal tahun ajaran baru....sukses selalu mbk atik

    BalasHapus
  5. Waah, luar biasa. Bisa bertemu walau lewat ruang virtual. Semoga di tahun ajaran baru ini, anak anak saya pun bisa diajak bertemu lewat meeting online.

    BalasHapus
  6. Meskipun masih daring, mudah-mudahan kita semua tetap sehat, ya Bu. Anak-anak lebih bebas ya kalau daring. Banyak yang tidak pakai seragam. Nggak papa sih. Yang penting kesehatan mereka terjaga. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin iya Pak..diantara 8 anak yang bisa bergabung hanya satu yang memakai seragam.. Hehe

      Hapus
  7. Bisa menghibur kesedihan krn blm bisa PTM, ya Bu. Bila sinyal mendukung bisa menggunakan aplikasi vcon apapun dg leluasa. Sebgian besar kampung2 siswa kami masih blankspot jd sangat minim penggunaan aplikasi2 tersebut.😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ambu.. Ini dari 16 siswa yang bs gabung juga hanya 8 siswa. Yaach.. Beginilah ..

      Hapus
  8. Wah senangnya jumpa.kembali dengan siswa walau.lewat Wa dan video..... salam Literasi Bu

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca