Cari Blog Ini

Rabu, 12 Mei 2021

Tinggal Tangisan

 

Tinggal Tangisan


Senja terakhir di bulan Ramadhan 1442 H, ku berjalan telusuri jalan setapak menuju pemakaman di desaku. Aku ingin mendoakan ayah, ibu, kakek, nenek dan juga anakku yang tahun 2020 telah Allah ambil untuk kembali kepangkua-Nya. Hal yang sering aku lakukan sebelum tiba bulan suci Ramadhan atau menjelang datang hari raya Idul Fitri. Dalam moment ini aku doakan mereka dengan begitu sedikit rindu dapat terobati. Kutabur bunga kusiram air di atas pusaran mereka berharap mereka bisa melihat dan merasakn kehadiranku. Ya rabb sampaikan salam rinduku untuk mereka. Berikan rahmatMu untuk mereka.

Perlahan aku langkahkan kakiku meninggalkan pemakaman itu, tak terasa air mata jatuh membasahi pipi, tak kuasa aku menahannya ayah ibu aku rindu kalian, aku ingin peluk kalian. Teringat dimana moment lebaran bersama kalian, kubersimpuh mohon maaf dan ridho kalian. Terasa tenang dan damai hatiku tat kala berada dalam pelukmu. Ayah ibu tenanglah disana, maafkan anakmu yang dulu belum bisa buat kalian bahagia.

Kulihat senja di ufuk barat, dari senja aku bisa belajar bahwa keindahan itu hanya sementara tidak ada yang abadi. Indahnya senja akan segera tergantikan dengan gelap malam. Ya rabb bimbing hamba tuk dapat berbuat kebaikan, berlaku rendah hati dan selalu qonaah menerima segala ketetapan-Mu. Ya Rabb bimbing hamba agar hamba tak lupa dan terlena gemerlabnya dunia.

Ya Rabb Ramadhan akan segera pergi meninggalkan kami, ya rabb merasa diri belum seberapa dalam mengamalkan amalan-amalan di bulan Ramadhan tapi kini aku harus berpisah dengannya. Ampuni aku ya Rabb terimalah amal ibadah puasaku, panjangkan umurku agar dapat bertemu Ramadhan tahun depan hingga masih bisa melakukan amalan-amalan di bulan Ramadhan.

Bagaimana mungkin air mata seorang mukmin tidak berlinang kala berpisah dengan bulan Ramadhan, sementara dia tidak mengetahui tersisa dari umurnya untuk kembali bertemu dengannya.

Kutarik nafas panjang dan kubuang pelan seiring lembayung senja yang segera tenggelam. Tangisku kian menghilang dan kan tergantikan seulas senyum mengembang dengan sejuta harap bintang kan bersinar menghiasi gelapnya malam.

Bismilah ya Rabb kumohon kekuatan hanya pada-Mu.

Gunungkidul, 12 Mei 2021

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca