Cari Blog Ini

Selasa, 12 Juli 2022

Aku Cinta Al-Quran

Aku Cinta Al-Quran

 

Semangat mengawali hari dengan senyum dan hangatnya mentari pagi. Secercah harapan kembali hadir. Kini sekolah bisa dilaksanakan secara luring serta tidak ada pembatasan lagi. Pemandangan indah serta canda tawa para siswa memenuhi halaman sekolah saat bel masuk belum berbunyi dapat kita lihat kembali. 

 

Bersyukur atas segala pertolongan Allah yang telah membebaskan kita dari pandemi yang telah 2 tahun telah membuat keadaan berubah. Banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik bersama. Semoga kita dapat mengambil hikmah hingga dapat menjadikan diri kita lebih baik. 

Hari ini hari ketiga  MPLS. Setelah kemarin wali kelas memperkenalkan diri dan mengajak siswa untuk berkeliling sekolah. Hal pertama mengenalkan tempat ibadah atau mushola yang kebetulan paling dekat dengan ruang kelas satu. Di lanjtkan berkeliling dari tiap kelas, ruang guru dan  ruang tamu, uks dan juga ruang kepala sekolah. Kemudian di lanjutkan  memperlihatkan  perpustakaan, ruang TI, dapur, gudang, toilet dan kantin sekolah.

 

Hari ini Rabu, 13 Juli 2022, saya sebagai guru mapel ada jam di kelas satu. Giliran saya perkenalkan diri dan juga tentang mapel yang saya ampu. Setelah semua siswa saya panggil untuk perkenalan satu-satu dengan menyebut nama masing-masing. Wajah-wajah polos dan penuh semangat serta begitu antusias mengikuti pelajaran adalah sesuatu yang istimewa. Saya pun perkenalakn materi yang akan kita sampikan di semester satu ini. Tahun ini sekolah kami menyusun kurikulum dengan menggunakan kurikulum merdeka belajar dengan mandiri belajar. Untuk materi pertama adalah aku cinta  Al-Quran dengan mengenal huruf hijaiyah. Al-Quran ditulis dengan huruf Arab. Huruf Arab di sebut juga huruf Hijaiyah. Huruf Hijaiah ada 29.  Untuk mengenalkan huruf Hijaiah  saya menampilkan bentuk-bentuk huruf hijaiyah kemudian saya ajak siswa untuk menyanyikan huruf hijaiyah.

Semua siswa sangat bergembira, dengan lagu mereka mampu menghafal dengan cepat.  Tidak hanya cukup menghafal nama-nama huruf Hijaiah saja namun kita perlu mengenalakan harokat agar huruf Hijaiyah dapat di baca. Mengenai harokat akan saya samapiakan pada pertemuan yang akan datang. Agar siswa semakin hafal huruf Hijaiah, semua siswa saya minta untuk mengambil satu huruf Hijaiah yang sudah saya bentuk menjadi bunga-bunga cantik yang menarik.

Setelah semua siswa di pastikan memegang salah satu huruf Hijaiah maka siswa tersebut di minta untuk menyebutkan nama huruf Hijaiah. Siswa pun semakin hafal. Kegiatan pembelajaran hari ini saya tutup dengan memeberikan simpulan materi yang saya ajarkan kemudian siswa di beri tugas untuk memebuat pelangi huruf dengan bertuliskan huruf Hijaiah. Semoga siswa dapat memahami materi yang saya ajarkan. Mengamalakan dalam kehidupan mereka sehari-hari hingga bermanfaat utuk dunia dan akhirat. خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ  “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya”.

 

KMABDay7

Sumarjiyati

Gunungkidul, 13 Juli 2022

 

 


Gununhkidul, 13 Juli 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca