Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Desember 2021

Berbagi Praktik Baik Literasi Digital

 

Berbagi Praktik Baik Literasi Digital



Rabu, tanggal 8 Desember 2021 Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital sudah  memasuki pertemuan ke-17. Hari ini akan mendapatkan materi dari Ibu Maria Sumakul Magdalena dengan tema Berbagi Praktik Baik Literasi Digital. Beliau adalah seorang guru komputer di SMP Tarakanita 5 jakarta Selatan. Beliau sudah menulis sederat buku informatika yaitu buku coding, “Saya Bisa Coding 1, 2, 3, 4” dan juga buku panduan guru dan orang tua untuk SD/MI. Serta buku Informatika untuk SD/MI Kelas 4, 5.

Sebelum mengenal literasi digital mari kita lihat pengguna internet di Indonesia sangat tinggi data terbaru pada Februari 2021 yaitu sekitar 274,9 juta (57%) penggunan ponsel sekitar 345 juta juta pengguna intenet 202,6 jt sedangkan pengguna media sosial 170 juta.

Sedangkan aktivitas masyarakat pengguna internet juga sangat luar biasa sekali baik itu internet media sosial, online , game,  postcas, music dan sebagainya.

Materi yang di sampaikan melalui ppt ini pertama tentang literasi digital. Literasi Digital  merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, menggunakan, jaringan dalam menemukan ,mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya.

Lalu apa manfaat dari literasi digital?

Manfaat Literasi Digital sebagai berikut :

1.      Menambah wawasan inividu, kegiatan mencari dan memahami informasi.

2.      Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berfikir serta memahami informasi.

3.      Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu dari berbagai informasi yang dibaca.

4.      Meningkatkan kemampuan verbal individu.

5.      Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.

6.      Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

Hubungan literasi digital dan dunia pendidikan yaitu  literasi digital mampu mengembangkan dunia pendidikan. Literasi digital yang semakin baik akan membuka akses terhadap informasi yang lebih luas. Dengan cara ini, kualitas sector pendidikan dapat ditingkatkan.





Leterasi digital harus diajarkan dalam dunia pendidikan, yaitu karena dekatnya anak-anak dengan media sosial rentan terhadap pengaruh negatif. Kita tahu di media sosial sungguh luar biasa bahaya-bahaya yang akan di hadapi oleh anak didik kita. Kemudian dengan pemahaman literasi digital juga bisa mencegah terjadinya cyber bullying atau phising atau penipuan dengan berkedok iming-iming di dunia digital. Inilah yang perlu diedukasi kepada anak-anak kita.

Pendekatan yang dapat kita pakai agar pengaruh negatif bisa menjadi positif, sebaiknya kita jangan menjadi guru namun  menjadi teman buat mereka yaitu sebagai fasilitator mereka pasti mereka mau berkomunikasi  baik dengan kita. di situ baru kita masukkan pengaruh, contoh-contoh kita arahkan ke yang positif. Kita jadikan mereka mau maju. Kita bisa ajak mereka untuk berdiskusi dan kita sebagai guru mau berperan aktif di dalamnya.

Contoh literasi digital

v  Di sekolah

·         Komunikasi dengan guru atau teman menggunakan media sosial

·         Megirim tugas sekolah lewatemail

·         Pembelajaran dengan online yaitu leawt aplikasiatauun web

·         Mencari sumber ajar yang dipercaya di internet

v  Di rumah

·         Melakukan penelusuran dengan menggunakan browser

·         .Mendengarkan music dan menonton tv, menggunakan layanan streaming, melihat tutorial memasak, serta mennggukan laptop untuk  menyambungkan ke internet. Untuk mengerjakan tugas.

Selanjutanya, Tujuan Pembelajaran Literasi Digital di Sekolah yaitu :

1.      Meningkatkan  kapasitas guru untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui pemanfaatan media digital

2.      Mengintegrasikan kompetensi dasar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan digital

3.      Menumbuhkan karakter baik melalui pemanfaatan media digital dengan mengutamakan etika dan norma sosial

 

Manfaat Literasi Digital Bagi Siswa :

1.      Meningkatkan kemampuan siswa untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi

2.      Menambah penguasaan “kosa kata” siswa dari berbagai informasi yang dibaca.

3.      Meningkatkan kemampuan verbal siswa.

4.      Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi siswa.

Narasumber membagikan pengalaman baik yang sudah di berikan siswanya. Untuk SD belum bisa praktek untuk berkolaborasi. Sedangkan untuk siswa SMP  sudah mampu untuk di ajak kolaborasi. Dimana anak-anak memiliki produk yang dapat sama-sama kita  nilai. Misalnya membuat ppt, komik digital, video. Berikut contoh dari Ibu maria.





Demikian materi yang sangat bermanfaat. Terimakasih Ibu Maria.  Semoga ilmu yang telah di bagikan, waktu yang telah diluangkan dan praktik baik yang sudah dicontohkan kepada peserta GMLD menjadi sumber pembuka pintu kebaikan. Aamiin.

Salam sehat, salam literasi tetap semangat belajar dan terus belajar serta berikan hal terbaik apa yang telah kita terima. Berbagi itu indah berbagi tak kan rugi.

Gunungkidul, 12 Desember 2021.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca