Cari Blog Ini

Minggu, 05 September 2021

Tak Bisa Ku Bohongi

Tak Bisa Ku Bohongi

Sejak pandemi menyapa negeri tak lagi aku dengar celoteh anak-anak di halaman sekolah ini, di ruang kelas masih tertata rapi meja kursi. Hening sepi sungguh menyayat hati. Perih sungguh aku rasa. Tak kuasa aku melihat keadaan ini. Namun aku tak boleh berdiam diri. Aku coba tetap lakukan apa yang semestinya aku perbuat. Menyapa anak-anak didik walau lewat dunia maya, itu saja tak semua bisa bersua. Keadaan lingkungan desa yang belum semua bisa akses internet membuat kmi banyak kendala tuk bisa lakukan belajar secara daring. Belum alasan jika hp di bawa orang tua atau kakak. 

Hal itu tentu membuat guru merasa menemukan kendala dan hambatan dalam pelaksanaan  pembelajaran secara daring. Sebagai guru tentu aku tak boleh menyerah. Berbagai upaya aku lakukan agar semua anak didikku mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan. Mulai aku tanyakan keadaan keluarganya lewat tetangga dekat sekolah. Sedikit aku lega dapat mendengar keadaan anak didikku. Juga aku berusaha hubungi mereka. 

Saat aku jumpai anak didik yang bermain.  Betapa sedih tak terkira. Bagaimana mereka kehilangan suatu moment belajar mereka di sekolah yang menumbuhkan sikap disiplin dan mendapatkan nilai-nilai positif dari interaksi langsung dari seorang guru dan juga interaksi dengan teman lainya. Hal itu tak di jumpai di saat prmbelajaran lewat maya.

Tak bisa ku bohongi hati ini kuwatir dengan masa depan mereka jika hal ini masih terus berjalan. Apa jadinya generasi penerus bangsa nanti jika keadaan pandemi membuat mereka harus berlama-lana berkutak dengan hp. Memang benar banyak sisi positif dari hal ini namun jiia tak ada lendampingan  aku yakin mereka bisa terpengaruh hal-hal negatif dari hp. 

Ya Allah ya rabbi..selamatkan bangsa dan anak-anak didik kami dari keburukan. Jauhkan kami dari wabah ini agar kami kembali bisa belajar seperi dulu. Kami merdeka dalam belajar di sekolah bersama guru dan juga teman-teman. Bebaskan kami dari kegelisahan. 

#semuabisamenulis
#gurumotivatorliterasi
#forumindonesiamenulis
#gurumotivator
#menujuindonesiamenulis
Gunungkidul, 5 September 2021

10 komentar:

  1. Aamiin tetap berharap pandemi ini segera berlalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund... September minggu depan insyaAllah sudah msu di coba untuk PTM

      Hapus
  2. Berdoa, berusaha, dan berani mencoba agar generasi kita terhindar dari "keburukan".

    BalasHapus
  3. Keren...Bunda,curahan hati seorang guru. Sangat sedih sekolah kita sepi. Semoga covid cepat berakhir dan kita bisa KBM seperti biasa lagi, Aamiin...

    BalasHapus
  4. Ya Bu. Mudah-mudahan mereka tetap bisajaga kualitas diri. Semoga bisa mendidik diri lewat berbagai cara

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca