Cari Blog Ini

Kamis, 31 Maret 2022

Pembelajaran Menyenangkan dengan Pelangi Huruf

 

Pembelajaran Menyenangkan dengan  Pelangi Huruf

Memiliki kemampuan berbahasa lisan tidak menjamin memiliki berbahasa tulis (menulis) karena dalam bahasa tulis tata bahasa berperan penting. Memiliki kemampuan verbal yang tidak baik belum menjamin memiliki kemampuan menulis yang baik dan sebaliknya memiliki kemampuan menulis yang baik belum tentu memiliki kemampuan berbahasa yang baik pula.

Ketrampilan menulis huruf hijaiyah merupakan syarat agar siswa dapat menulis surat Al Qur’an atau menulis kalimat dalam Bahasa Arab. Kemampuan siswa kelas I   yang memang masih dalam tahap kognitif, masih memerlukan bantuan dalam menguasai penulisan huruf hijaiyah.

Ditinjau dari komponen siswa, keberhasilan belajar sangat ditentukan oleh kemauan berlatih dan juga konsep-konsep awal yang telah diterima sebelumnya. Pada kenyatannya ketidakberhasilan siswa dalam belajar. Seringkali diakibatkan karena kemauan berlatih sangat kurang dan minimnya konsep awal yang diterima.

Sering siswa mengeluh kesulitan saat menulis dan menghafal bentuk huruf hijaiyah, padahal siswa sendiri sudah hafal bunyi dari huruf-huruf hijaiyah sejak taman kanak-kanak. Karena itu latihan dan kreativitas dalam mengajarkan menulis huruf hijaiyah serta mngetahui bentuknya merupakan faktor kunci agar pelajaran menjadi pelajaran yang menarik di kelas.

Rendahnya penguasaan materi tentang menulis huruf hijaiyah dimungkinkan selain kurang jelasnya guru dalam memberikan pelajaran atau dalam menerangkan materi pada siswa, dapat juga karena kurangnya alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar dan kurangnya minat siswa karena pembelajarannya yang kurang menarik dan menyenangkan.

Dalam hal ini maka dibutuhkan kreativitas guru dalam membuat materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa. Guru harus bisa  menyampaikan   materi pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif agar siswa memiliki semangat untuk berlatih dan belajar, sehingga akan mudah memahami materi pembelajaran.

Saya sebagai guru yang mengampu PAI di sekolah maka saya membuat  model pembelajaran materi huruf hijaiyah dengan menggunkan media atau alat peraga  kartu pelangi dengan tujuan :

1.      Untuk mengetahui kemampuan menghafal bentuk huruf hijaiyah  dapat meningkatkan keaktifan dalam pelajaran kompetensi dasar huruf hijaiyah pada siswa kelas I  

2.      Untuk mengetahui apakah media kartu pelangi huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas I 

Adapun Langkah membuat kartu pelangi adalah sebagai berikut:

1.      Penyiapan alat-alat dan bahan-bahan :

1)      Gunting

2)      Kertas warna

3)      Spidol snowman

4)      Kardus bekas

5)      Pensil

6)      Penghapus

7)      lem

2.      Langkah-langkah pembuatan alat peraga :

1)      Memotong kardus bekas menjadi lembaran-lembaran kardus

2)      Membuat pola pada kardus misalnya bunga

3)      Memotong kardus sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelumnya

4)      Menempel kertas warna pada pola yang telah dipotong seingga kardus tertutup kertas warna

5)      Membuat huruf hijaiyah menggunakan spidol pada pola yang telah terbungkus kertas warna

Proses Pembelajaran Di Kelas





a)      Stimulasi Membaca Huruf Hijaiyah

Untuk dapat mengetahui perkembangan siswa saat membaca huruf hijaiyah siswa diberikan stimulasi membaca sehingga siswa sudah terbiasa dengan cara sorogan ( membaca satu-satu dengan menggunakan iqro’ menghadap guru) tetapi dengan cara bersama-sama untuk melatih mental dan mengetahui kemampuan rata-rata siswa. Stimulasi membaca meliputi :

Ø  Siswa menyanyikan lagu huruf hijaiyah secara bersama-sama

Dengan menghafal  bunyi huruf hijaiyah  lewat lagu siswa akan mudah cepat hafal

Ø  Siswa di minta maju kedepan

Dengan arahan guru maju kedepan berdasarkan warna kesenangan siswa kemudian siswa  diminta menata dan memilih alat peraga sesuai warna yang disenangi dan membaca huruf hijaiyah yang tertera menata membentuk taman huruf

Ø  Guru yang menggunakan alat peraga

Guru mengangkat alat peraga secara acak yang dipilih dan siswa mengucapakan satu persatu yang ditunjuk

Guru mengarahkan siswa yang sudah mendapatkan alat peraga untuk maju ke depan kelas dan berbaris sesuai urutan huruf

 

b)     Stimulasi Menulis Huruf Hijaiyah

Untuk dapat mengetahui perkembangan siswa saat menulis huruf hijaiyah siswa diberikan stimulasi menulis sehingga siswa sudah terbiasa menggerakkan pergelangan tangannya. Stimulasi menulis meliputi :

Ø  Menebalkan bentuk

Guru memberikan huruf  hijaiyah yang tulisannya terlihat tipis. Kemudian siswa menebalkan huruf tersebut dengan didampingi oleh guru.

 

Ø  Mengikuti garis putus-putus/titik-titik

Cara yang kedua, setelah anak lancar menebalkan huruf, guru memberikan lukisan huruf hijaiyah dengan garis putus-putus, lalu siswa menggabungkan garis tersebut, sehingga menjadi sebuah huruf hijaiyah yang sempurna.

 

Ø  Menirukan bentuk

Langkah selanjutnya guru memberikan contoh beberapa huruf hijaiyah kepada siswa. Siswa meniru bentuk huruf hijaiyah tersebut di samping contoh huruf yang telah tersedia.

Ø  Menulis sendiri aneka bentuk huruf hijaiyah

Guru memberikan soal huruf hijaiyah dengan huruf latin di papan tulis atau secara lisan, kemudian anak menulis apa yang diperintahkan oleh guru tersebut.



Hasil Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Pelangi Huruf

Berdasarkan illustasi di atas dapat disimpulkan beberapa manfaat penggunaan alat peraga pelangi huruf bagi siswa. Di antaranya adalah :

1.      Bagi siswa :

Ø  Memusatkan perhatian siswa

Ø  Menarik minat siswa untuk belajar

Ø  Mempermudah penguasaan materi pelajaran

Ø  Merangsang daya fikir dan nalar siswa

Ø  Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas siswa

2.      Sedangkan bagi guru, manfaatnya adalah sebagai berikut:

Ø  Mempermudah penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak.

Ø  Memperluas cakupan materi pelajaran

Ø  Mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran

Ø  Menciptakan suasana pembelajaran kondusif.

Ø  Menghindari pembelajaran verbalisme.

Ø  Menciptakan pembelajaran efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dari  seluruh  pelaksanaan  pembelajaran dengan alat peraga dengan menggunakan kardus dapat disimpulkan bahwa :

1.      Keaktifan siswa terhadap materi meningkat

Keaktifan siswa terhadap materi meningkat dengan diwujudkan sebagai berikut :

Ø  Anak dalam belajar sekarang menjadi senang karena diberi kebebasan dalam belajar.

Ø  Anak menjadi lebih berani menyampaikan pendapat kepada guru.

2.      Kemampuan menyebutkan dan menulis huruf Hijaiyah siswa meningkat.

Siswa mampu dalam menulis huruf hijaiyah itu adalah suatu bukti bahwa siswa dapat menulis dan mempunyai peningkatan dalam menulis huruf hijaiyah.

Demikianlah penyampaian materi pembelajaran PAI kompetensi menghafal dan menulis huruf hijaiyah. Semoga bermanfaat dan semoga dengan menggunakan media/ alat peraga pelangi huruf ini siswa dalpat lebih menguasai materi yang disampaikan guru.


#kamismenulis

#sahabatlagerunal

Gunungkidul, 31 Maret 2022

 

9 komentar:

  1. Seperti memabca sebuah karya ilmiah semisal penelitian tindakan kelas minus data. Keren.

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikel ya yg bagus ini

    BalasHapus
  3. Termasuk PAKEM sekaligus PAIKEM..
    Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan/ Pembelajaran Aktif Inspiratif
    Kreatif dan Menyenangkan

    BalasHapus
  4. Pelangi huruf membuat pembelajaran huruf Hijaiyah makin menarik dan ceria.

    BalasHapus
  5. Guru Kreatif belajar semakin asik, para siswa pasti tertarik, maka pembelajaran akan sangat menarik

    BalasHapus
  6. Terimakasih teman-tenan sudah bw...

    BalasHapus

Belajar bersama Ruang Literasi ( Menulis Nama Diri)

Belajar bersama Ruang Literasi (Menulis Nama Diri) Masih bersama dengan BBRulit (Belajar Bersama Ruang Literasi) Malam ini kak D...