Pembelajaran Menyenangkan dengan Pelangi Huruf
Memiliki kemampuan berbahasa lisan tidak menjamin memiliki
berbahasa tulis (menulis) karena dalam bahasa tulis tata bahasa berperan
penting. Memiliki kemampuan verbal yang tidak baik belum menjamin memiliki kemampuan
menulis yang baik dan sebaliknya memiliki kemampuan menulis yang baik belum
tentu memiliki kemampuan berbahasa yang baik pula.
Ketrampilan
menulis huruf hijaiyah merupakan syarat agar siswa dapat menulis surat Al
Qur’an atau menulis kalimat dalam Bahasa Arab. Kemampuan siswa kelas I yang memang masih dalam tahap kognitif,
masih memerlukan bantuan dalam menguasai penulisan huruf hijaiyah.
Ditinjau dari komponen siswa, keberhasilan belajar sangat ditentukan oleh kemauan berlatih dan juga konsep-konsep awal yang telah diterima sebelumnya. Pada kenyatannya ketidakberhasilan siswa dalam belajar. Seringkali diakibatkan karena kemauan berlatih sangat kurang dan minimnya konsep awal yang diterima.
Sering siswa mengeluh kesulitan saat menulis dan menghafal bentuk huruf hijaiyah,
padahal siswa sendiri sudah hafal bunyi dari huruf-huruf hijaiyah sejak taman
kanak-kanak. Karena itu latihan dan kreativitas dalam mengajarkan
menulis huruf hijaiyah serta mngetahui bentuknya merupakan faktor kunci agar
pelajaran menjadi pelajaran yang menarik di kelas.
Rendahnya
penguasaan materi tentang menulis huruf hijaiyah dimungkinkan selain kurang
jelasnya guru dalam memberikan pelajaran atau dalam menerangkan materi pada
siswa, dapat juga karena kurangnya alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar
dan kurangnya minat siswa karena pembelajarannya yang kurang menarik dan
menyenangkan.
Dalam hal ini
maka dibutuhkan kreativitas guru dalam membuat materi pembelajaran yang menarik
dan menyenangkan siswa. Guru harus bisa menyampaikan materi
pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif agar siswa memiliki semangat untuk
berlatih dan belajar, sehingga akan mudah memahami materi pembelajaran.
Saya sebagai
guru yang mengampu PAI di sekolah maka saya membuat model pembelajaran materi huruf hijaiyah
dengan menggunkan media atau alat peraga kartu pelangi dengan tujuan :
1.
Untuk
mengetahui kemampuan menghafal bentuk huruf hijaiyah dapat meningkatkan keaktifan dalam pelajaran
kompetensi dasar huruf hijaiyah pada siswa kelas I
2.
Untuk
mengetahui apakah media kartu pelangi huruf dapat meningkatkan kemampuan
membaca dan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas I
Adapun Langkah membuat
kartu pelangi adalah sebagai berikut:
1.
Penyiapan
alat-alat dan bahan-bahan :
1)
Gunting
2)
Kertas
warna
3)
Spidol
snowman
4)
Kardus
bekas
5)
Pensil
6)
Penghapus
7)
lem
2.
Langkah-langkah
pembuatan alat peraga :
1)
Memotong
kardus bekas menjadi lembaran-lembaran kardus
2)
Membuat
pola pada kardus misalnya bunga
3)
Memotong
kardus sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelumnya
4)
Menempel
kertas warna pada pola yang telah dipotong seingga kardus tertutup kertas warna
5)
Membuat
huruf hijaiyah menggunakan spidol pada pola yang telah terbungkus kertas warna
Proses
Pembelajaran Di Kelas
a)
Stimulasi Membaca Huruf Hijaiyah
Untuk dapat mengetahui perkembangan siswa saat membaca huruf
hijaiyah siswa diberikan stimulasi membaca sehingga siswa sudah terbiasa dengan
cara sorogan ( membaca satu-satu dengan menggunakan iqro’ menghadap guru)
tetapi dengan cara bersama-sama untuk melatih mental dan mengetahui kemampuan
rata-rata siswa. Stimulasi membaca meliputi :
Ø Siswa menyanyikan lagu huruf hijaiyah secara bersama-sama
Dengan menghafal bunyi huruf hijaiyah lewat lagu siswa akan mudah cepat hafal
Ø Siswa di minta maju kedepan
Dengan arahan guru maju kedepan
berdasarkan warna kesenangan siswa kemudian siswa diminta menata dan memilih alat peraga sesuai
warna yang disenangi dan membaca huruf hijaiyah yang tertera menata membentuk taman huruf
Ø Guru yang menggunakan alat peraga
Guru mengangkat alat peraga secara
acak yang dipilih dan siswa mengucapakan satu persatu yang ditunjuk
Guru mengarahkan siswa yang sudah
mendapatkan alat peraga untuk maju ke depan kelas dan berbaris sesuai urutan
huruf
b)
Stimulasi Menulis Huruf Hijaiyah
Untuk dapat mengetahui perkembangan siswa saat menulis huruf
hijaiyah siswa diberikan stimulasi menulis sehingga siswa sudah terbiasa
menggerakkan pergelangan tangannya. Stimulasi menulis meliputi :
Ø Menebalkan bentuk
Guru memberikan huruf hijaiyah yang tulisannya terlihat tipis.
Kemudian siswa menebalkan huruf tersebut dengan didampingi oleh guru.
Ø Mengikuti garis putus-putus/titik-titik
Cara yang kedua, setelah anak lancar
menebalkan huruf, guru memberikan lukisan huruf hijaiyah dengan garis
putus-putus, lalu siswa menggabungkan garis tersebut, sehingga menjadi sebuah
huruf hijaiyah yang sempurna.
Ø Menirukan bentuk
Langkah selanjutnya guru memberikan
contoh beberapa huruf hijaiyah kepada siswa. Siswa meniru bentuk huruf hijaiyah
tersebut di samping contoh huruf yang telah tersedia.
Ø Menulis sendiri aneka bentuk huruf hijaiyah
Guru memberikan soal huruf hijaiyah
dengan huruf latin di papan tulis atau secara lisan, kemudian anak menulis apa
yang diperintahkan oleh guru tersebut.
Hasil
Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Pelangi Huruf
Berdasarkan
illustasi di atas dapat disimpulkan beberapa manfaat penggunaan alat peraga pelangi
huruf bagi siswa. Di antaranya adalah :
1.
Bagi
siswa :
Ø Memusatkan perhatian siswa
Ø Menarik minat siswa untuk belajar
Ø Mempermudah penguasaan materi pelajaran
Ø Merangsang daya fikir dan nalar siswa
Ø Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas siswa
2.
Sedangkan
bagi guru, manfaatnya adalah sebagai berikut:
Ø Mempermudah penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak.
Ø Memperluas cakupan materi pelajaran
Ø Mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran
Ø Menciptakan suasana pembelajaran kondusif.
Ø Menghindari pembelajaran verbalisme.
Ø Menciptakan pembelajaran efektif dan efisien.
Kesimpulan
Dari
seluruh pelaksanaan pembelajaran dengan alat peraga dengan
menggunakan kardus dapat disimpulkan bahwa :
1.
Keaktifan
siswa terhadap materi meningkat
Keaktifan siswa
terhadap materi meningkat dengan diwujudkan sebagai berikut :
Ø Anak dalam belajar sekarang menjadi senang karena diberi kebebasan
dalam belajar.
Ø Anak menjadi lebih berani menyampaikan pendapat kepada guru.
2.
Kemampuan
menyebutkan dan menulis huruf Hijaiyah siswa meningkat.
Siswa mampu dalam menulis huruf hijaiyah itu adalah suatu bukti
bahwa siswa dapat menulis dan mempunyai peningkatan dalam menulis huruf
hijaiyah.
Demikianlah penyampaian
materi pembelajaran PAI kompetensi menghafal dan menulis huruf hijaiyah. Semoga
bermanfaat dan semoga dengan menggunakan media/ alat peraga pelangi huruf ini
siswa dalpat lebih menguasai materi yang disampaikan guru.
#kamismenulis
#sahabatlagerunal
Gunungkidul, 31 Maret 2022
Seperti memabca sebuah karya ilmiah semisal penelitian tindakan kelas minus data. Keren.
BalasHapusTerimakasih Pak D...
HapusArtikel yg keren..
BalasHapusTerima kasih artikel ya yg bagus ini
BalasHapusKeren...membuat prakarya dg murid
BalasHapusTermasuk PAKEM sekaligus PAIKEM..
BalasHapusPembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan/ Pembelajaran Aktif Inspiratif
Kreatif dan Menyenangkan
Pelangi huruf membuat pembelajaran huruf Hijaiyah makin menarik dan ceria.
BalasHapusGuru Kreatif belajar semakin asik, para siswa pasti tertarik, maka pembelajaran akan sangat menarik
BalasHapusTerimakasih teman-tenan sudah bw...
BalasHapus