Cari Blog Ini

Senin, 23 Januari 2023

Kegiatan Perdana KKG PAI Kapanewon Paliyan

 


Jumat 20 Januari 2023 Kapanewon Paliyan mengadakan kegiatan KKG tingkat korwil. Melalui undangan Whatshat tertera pukul 08.30 WIB.  Acara di mulai pada pukul 09.30 WIB. Ibu Sri Widiastuti sebagai Korwil kapanewon Paliyan memberikan sedikit pengarahan kepada seluruh guru Sekolah Dasar yang ada di kapanewon Paliyan. Dianataranya supaya guru dapat melaksanakan tupoksinya sebagai guru dan meningkatkan kompetensinya terutama kompetensi kepribadian. Guru harus berpenampilan menarik dan berperilaku sopan. Seharian kita di awasi murid kita untuk itu harus berusaha tampil maximal dan sebaik-baiknya.


Selanjutnya guru di bagi perkelompoknya masing-masing. Untuk guru kelas tuinggi tetap berada di aula kapanewon Paliyan sedangkan guru kelas rendah berada di SD Paliayan satu serta guru Mapel juga di dampingi oleh pendamping masing-masing melaksanakan kkg di SD Paliyan satu.

Semua guru PAI bergabung di salah satu ruangan di SD Paliyan I. Acara segera di mulai dengan membaca doa. Kemudian di lanjutkan sambutan oleh Bapak pendamping K3S yaitu Bapak Sukamto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan  agar program GPAI untuk di sesuaikan dengan agenda akreditasi dan PKKS. Sesuai hasil akreditasi maka yang nilainya A akan di perpanjang satu tahun.  Untuk itu sekitar bulan Mei/Juni kita persiapan kembali akreditasi. Terkait pendidikan agama bisa berkolaborasi dengan sekolah lain hingga memperoleh sesuatu yang lebih bermanfaat.

Sambutan yang kedua dari Bapak Mustofa sebagi ketua KKG PAI Kapanewon Paliyan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan semoga kedepan GPAI Kapanewon Paliyan diberi kemudahan dan kelancaran hingga bisa memberi kebaikan kepada semua. Di semester dua ini banyak agenda yang harus diselesaikan semoga nanti bisa disepakati. Diantaranya PTS, kegiatan keagamaan, ujian sekolah, ujian ASPD. PKKS juga akan dilaksanakan dipertengahan tahun. Ucapan terimkasih juga di smapikan kepada bapak ibu guru PAI yang telah bekerja sama dalam menjalankan program KKG.

Sambutan  yang ketiga dari bapak pengawas yaitu Bapak Riyadi Purwanto,S.Ag. Beliau menyampaikan. Bahwa sementara beberapa waktu tidak bertemu dengan bapak ibu guru di kapanewon Paliyan. Karena ketugasan beliau mengampu di Kapanewon lain. Sebenarnya kita masih saudara jadi masih bisa saling bersilaturahmi. Karena bapak Riyadi pada bulan maret akan purna tugas maka dalam kesempatan ini beliau pamit dan mohon maaf apabila selama kurang lebih 4 tahun mendampingi bapak ibu di kapanewon Paliyan banyak kesalahan mohon di maafkan. Jika Bapak Ibu guru PAI Kapanewon Paliyan juga punya salah maka Bapak Riyadi juga memaafkan.

Beliau berpesan untuk bisa menjaga kesehatan. Sebenarnya kita hidup sederhana yang rumit adalah pikiran  kita. Jika pikiran kita bisa kita jaga maka insyaAllah hidup Kita akan tentram. Hidup jangan hanya mengurusi orang lain maka hidup kita tidak akan tentram. Supaya kita bisa menjaga hati hindari makan berlemak.  Supaya kita bisa menjaga jantung maka kita hindari makanan asin. Jika kita bisa menjaga ginjal  banyak minum di siang hari. Kalau kita mau otak kita selalu terjaga maka tidurlah dengan cukup. Minimal 8 jam. Agar selalu enjoi dengan hidup kita harus selalu bersyukur. Untuk merawat usus kita. Kita tidak perlu makan yang enak-enak. Cukup kita perbanyak makan sayur mayur. Agar pankreas kita terjaga kita tidak boleh makan terlalu kenyang. Yang paling penting kita harus bisa menjaga hati kita. Kita selalu bersyukur kepada Tuhan apa yang kita terima kita syukuri.

Beliau juga mengingatkan  bahwa bulan Maret kegiatan bulan Ramadhan mohon disiapkan. Serta untuk pengupdatetan data fmis segera di laksanakan. Bapak ibu yang punya TPG insyaAllah bulan Maret.

Untuk sambutan dari Bapak Yahya, beliau menyampaikan beberapa hal. Yang peetama terkait tugas sebagai guru yaitu membawa misi negara, mengibarkan bendera PAI. Maka di dalam mengemban tugas ini kira harus bisa membagi waktu dengan kesibukan kita. Di semester ini pandai-pandailah menata kegiatan apa yang harus terselesaikan terlebih dahulu agar tidak terbengkelai.

Sebentar lagi PTS, Try Out 1 kedua dan seterusnya. Maka dari itu di dalam mengelola waktu harus benar-benar bisa nemprioritaskan. Sehingga semua kegiatan dapat terselesaikan.

Yang kedua kita di tuntut untuk meningkatkan sumber daya kita baik secara akademik atau non akademik. Silahkan yang berkenan untuk sekolah pasca sarjana di persilahkan  agar bisa memenuhi kebutuhan sumber daya negara. Meningkatkan diri  secara akademik secara sukarela sehingga kita memiliki ilmu yang bermanfaat. Kita jangan sampai berpangku tangan hal itu harus di hilangkan.

Ketiga, tidak kalah pentingnya bapak ibu bisa melaksanakan scedull, agar bisa tertata rapi. Pelaksanaan harian uang di berikan anak didik kita. 40 % untuk kegiatan ektra. Anak kita kelas V dan VI 80% KBM  untuk mrnggapai nilai kognitif anak didik kita. Kita harus bisa membuat nyaman.  Silahkan di buat target untuk hafalan siswa minimal  10 surat atau 20 surat di jus 30.

Hafalan salat untuk kelas III usahkan untuk bisa hafal semua. Jika ada tingglan bacaan maka dilaksanakan di kelas IV.

Selanjitnya untuk data emis segera di selesaikan jangan sampai nanti mengunggahnya terlambat. Server akan menumpuk sistem akan lemot. Yang masa kerja kurang 2 tahun maka mohon bersabar dulu. Bisa masuk emis jika memiliki NUPTK. Untuk itu mohon segera untuk mengajukan NUPTK.

Bapak Ibu sertifikasi  bagi yang belum menyelesaikan tunggaan syarat mojon segera di lengkapi. Untuk siaga mohon setiap buoan. Untuk di cek terkait dat jangan sampai ada yang hilang. 

Berkenaan dengan sosial. Maka kita harus bisa menyikapi  anak didik yang over jangan pernah menjatuhkan tangan mencubit atau menyentuh atau tangan bertuding. Minta ijin apabila akan membenarkan posisi peci.

Setiap hari kita di harapkan untuk selalu belajar dan belajar. Karena setiap hari ilmu sangat kita butuhkan untuk kemajuan kompetensi kita.

Alhamdulilah dalam kegiatan ini banyak mendapatkan pencerahan dari Bapak pengawas.

Selanjutnya program KKG disampaikan oleh Ibu Rohmi yaitu mengenai regenerasi pengurus KKG. Abdating emis diselesaikan harus sudah terkumpul di hari selasa. Untuk ujian soal menunggu dari kanwil atau team pembuat soal Kabupaten. Kisi kisi sudah ada silahkan untuk segera di sampaikan kepada siswa. Untuk soal PTS membuat di sekolah masing-masing. Selanjutnya untuk wisata religi mohon di agendakan untuk setahun dua tahun kedepan.

Rangkaian acara telah terlaksana dengan lancar. Semoga dapat di indahkan dan di laksanakan dengan baik. Acara di tutup dengan membaca hamdalah. Demikian kegiatan KKG GPAI Kapanewon Paliyan semoga bermanfaat. Salam sehat salam literasi.

Gunungkidul, 20 Januari 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca