Cari Blog Ini

Selasa, 10 Agustus 2021

Semua Atas Kehendak-Nya

#Ujian Kelas Cerpen

Nana : Atik Suripto
Tema : Janji
Genre :  slice of life

Jumlah Kata : 500

#Krisan
Penulisan masih banyak yang salah misal penulisan imbuhan pun, yaqin, anggab dll

Dari segi cerita pembukannya bertele-tele. Malah seperti curcol aja fi diary.

Ini tokoh juga kurang jelas karakternya. 

Kenapa bisa menunggu selama itu? Siapa yang laki2.

Dari pada diceritakan perasaan Tika lebih baik gambarkan melalui adegan dan flashback singkat.

Misal ni
"Tunggu aku, setelah lima tahun merantau kekota aku akan melamarmu."

Janji itu masih menjadi jimat dan juga harapan dalam menjalani kehidupan yang sepi di desa.

Banu, lelaki yang Tika pacari sejak di bangku SMA itu .... setidaknya flashback dikit.
Pesan masih terlalu eksplisit banget. Diikutkan dalam dialog atau adegan saja. Hindari pesan berdiri sendiri.

Semua Atas Kehendaj-Nya

Tika adalah gadis  penurut, tidak pernah melakukan hal-hal yang membuat orang tuanya marah. Ia anak yang rajin. Itulah hal yang disukai orangtuanya.

Tika habiskan waktunya untuk kegiatan-kegiatan positif di kampungnya. Ia tak ingin pacaran, baginya pacaran  hanya buang-buang waktu saja. 

Terlalu anehkah Tika? Tidak ia hanya berusaha untuk menjaga diri. Tika berharap pada saatnya ia dipertemukan dengan orang terbaik untuk dirinya. Hal itu Tika sampaikan pada Afif orang yang mendekatinya. Tika meminta Afif untuk mencari pengalaman di kota.

Lima tahun sudah penantian Tika, selama itu pula ia berusaha keras untuk menjaga hati dan rasa yang berkecamuk dalam dada, ingin teriak, berontak namun teteplah Tika tak kuasa. Tika yakin apapun yang menimpanya adalah hal terbaik yang Allah berikan untuknya. Pernah ia katakan“ bahwa jika berjodoh kita pasti akan dipertemukan”. Itu diyakini Afif sebagai janji.

Kenyataan berkata lain hingga ada seseorang datang kerumah untuk melamar Tika. Tika tak mampu untuk memberikan jawaban. Tika berdoa dan minta petunjuk-Nya. Dalam doanya ia yakin untuk menerimanya. Terlalu lelah Tika mencari alasan untuk orang yang datang mendekatinya. Tika tak bisa berkata apa-apa saat kedatangan seseoarang untuk melamarnya. Untuk itu ayah Tika berkesimpulan bahwa Tika menyetujui lamaran itu.

Saat acara pertemuan dua keluarga bermusyawarah menentukan hari pernikahan, tiba-tiba orang yang selama ini di tungu Tika datang.

“Tika ada apa ini, tolong jelaskan ke aku, aku sudah datang, aku akan melamarmu”. Afif menunggu jawaban dari Tika penuh harap.
“Kenapa kau baru datang Fif, kenapa? Aku Lelah, aku capek menunggumu karena batas waktu yang sudah kita sepakati, maafkan aku, bukan aku tak setia namun aku sudah berusaha.  Dan saat ini seseorang telah datang untuk melamarku, aku tak kuasa untuk menolaknya karena orang tua sudah merestui dan inginkan pernikahanku”. Jelas Tika dengan mata berkaca-kaca.
“Apa sudah tak bisa diubah, Tika?" tanya Afif. 
Semua sudah terjadi tak semudah itu Tika batalkan. Musyawarah telah terjadi antara dua keluarga. Afif datang terlambat.

Manusia hanya bisa merencanakan Tuhanlah yang menentukan segalanya. Tika berusaha untuk  jelaskan ke Afif. Bila kamu tak mampu berjodoh dengan orang yang kamu cintai, maka doakan agar dia berjodoh dengan seseorang yang lebih baik darimu, itulah puncak tertinggi dalam mencintai, setulus-tulusnya cinta, seiklas-iklasnya hati. 

"Maafkan aku, Afif," rintih Tika
Tak kuasa Tika  menahan isaknya. 
"Sudah, sudah Tika hapus air matamu, aku memafkanmu,". Tak tega Afif melihat air mata itu keluar dari orang yang ia cintai. 
Tak percaya namun itu terjadi, Tika tak bisa hidup bersama Afif. Mengiklaskan itu jalan yang harus ia tempuh. 
"Sakit memang , Tik. Namun aku akan berusaha iklas, semoga kau bahagia denganya," desah Afif.
"Terimakasih, Afif. Aku bersalah padamu dan tak bisa balas kebaikanmu." ucap Tika.
"Bukan sepenuhnya salahmu, Tika. Aku yang lama tak berimu kabar dan membuatmu menunggu, itu juga suatu kesalahan," bisik Afif.
 
Keduanya menatap dengan penuh makna, tak kuasa menahan rasa, berjabat tangan dan saling memaafkan. Dalam satu hubungan komunikasi adalah hal yang harus dijaga. Mereka harus terima kenyataan dan itulah jalan yang digariskan  Tuhan untuk mereka.

#sokomah

Gunungkidul, 11 Agustus 2021

1 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca