Cari Blog Ini

Kamis, 02 Maret 2023

Di dalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat

Tidak terasa sudah 9 minggu mengikuti program peningkatan LPDP . Dalam pertemuan minggu ke 9 ini coach Andre sebagai pemateri tentang google for education mereview kegiatan yang sudah di lakukan selama 2 minggu yang lalu. Beliau juga menjelaskan kepada peserta tentang ujian yang sebentar lagi akan di laksanakan. 
Peserta wajib menyelesaikan try out dan latihan ujian 1,2 an 3. Sedikit banyak soal-soal try out dapat memberikan manfaat saat ujian nanti. Detik-detik menegangkan yang membuat peserta semakin semangat setelah Bp Imam Budiman dari UIN Malang menjelaskan tentang bagaimana tata cara peserta untuk membuka rekening bank. Rekening bank tersebut sebagai sarana untuk mentransfer biaya hidup dan biaya data saat peserta mengikuti  pelatihan peningkatan kompetensi bagi para guru-guru PAI. Peserta bea siswa ini terdiri dari  guru SD, SMP, SMA dan juga SMK di seluruh tanah air.
Peserta wajib menyelesaikan beberapa tugas harian dan juga soal-soal pre test, try out praktek dan juga try out teory. Setelah tugas terselesaikan maka peserta wajib menyerahkan tugas kemudian akan mendapatkan voucer untuk bisa mengikuti ujian. Sekitar 947 peserta ada beberapa yang belum menyelesaikan tugas dan mengumpulkanya melalui classroom. Coach  Andre tak pernah bosan untuk mengingatkan kepada peserta untuk betusa menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Sayang jika pelatihan yang sudah di ikuti beberapa minggu namun peserta tidak mendapatkan voucer untuk ujian.

Saya sendiri sebagai peserta merasa kewalahan dengan tugas-tugas yang ada. Bukan karena mengeluh namun kita sebagai guru, banyak tugas pokok yang harus kita selesaikan.  Dengan waktu yang bersamaan saya mengikuti diklat penguatan calon guru penggerak. Dengan begitu saa harus benar-bebar bisa membagi waktu. Semangat mendaftar untuk lolos bea siswa ini begitu membara hingga diri berusaha untuk bisa selesaikan tugas. Namun ternyata saya harus sadar, tubuh ini tak lagi seperti dulu lagi. Inginnya semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Satu satu tugas dan juga pekerjaan di sekolah terselesaikan. Saya lupa bahwa tubuh ini juga perlu istirahat. Dan saat diri kelelahan akhirnya tubuhpun terasa kurang enak badan. Maka kita justru malah tidak bisa mngerjajan apa-apa.

Betapa pentingnya menjaga kesehatan diri, baik kesehatan raga maupun jiwa batin kita. 
Di dalam jiwa yang sehat akan ada raga yang kuat. Kita harus bisa jaga keduanya. Baik menjaga kesehatan raga ataupun jiwa kita. Jika raga/ tubuh kita sehat maka kita akan dapat menyelesaikan tugas-tugas kita dengan lancar. Dan jika jiwa kita sehat maka kita akan bisa mengendalikan diri kita dengan baik. Hingga kita terhindar dari stress karena banyaknya tuntutan pekerjaan.

Untuk itu melalui tulisan sederhana ini saya mengingatkan diri saya untuk bisa menjaga kesehatan diri.  Kesehatan jiwa dan raga kita harus seimbang. Keduanya membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. 
Semoga kita senantiasa di berikan kesehatan hingga apapun yang akan kita raih bisa tercapai dengan lancar. 
Salam sehat salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul, 2 Maret 2022

5 komentar:

  1. Semangat, sehat selalu, tiket ujian di tangan, dan lulus ujian.

    BalasHapus
  2. Mari kita galakan gerakan sehat

    BalasHapus
  3. Istirahatkan raga dan jiwa agar tetap sehat jasmani dan rohani. Semoga sukses dengan kegiatannya.

    BalasHapus
  4. Setuju, sehat jiwanya sehatlah raganya. Bila jiwa tenang raga akan baik2 saja..

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca