Cari Blog Ini

Kamis, 16 Februari 2023

Pentingnya Sarapan Pagi

Kegiatan belajar mengajar dimulai di hari senin dengan melaksanakan kegiatan upacara bendera. Setelah bel berbunyi para siswa segera berhamburan menuju lapangan upacara. Para pemimpin pasukan segera menyiapkan pasukannya. Dengan melaksanakan upacara bendera dapat melatih kedisiplinan, tanggungjawab, berani serta menumbuhkan cinta tanah air.
Dalam kesempatan ini pembina upacara yaitu Ibu Tatik Dwi Wahyuni menyampaikan amanahnya dengan tema " pentingnya saraoan pagi". Beliau menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya sarapan pagi. Apa saha manfaatnya? Brluau menyampaikan bahwa manfaat sarapan pagi adalah :
1. Menambah energi
Dengan terbiasa sarapan pagi, maka energi yang terkuras semalam saat tidur dapat pulih kembali. 
2. Menumbuhkan semangat
Saat tubuh menerima nutrisi maka tubuh akan lebih kuat dan bersemangat, sehingga siap menetima pelajaran di sekolah.
3. Menjadikan tubuh sehat.
Dengan terbiasa sarapan pagi maka tubuh menjadi sehat. Apa yang di butuhkan tubuh tercukupi dengan sarapan pagi. 
Usahakan dalam sarapan pagi terpenuhi karbohidrat dengan majan nasi serta di tambah sayur dan lauk.
Itulah bebera hal manfaat dati sarapan pagi. Ibu Tatik menghimbau agar anaj-anak menyampaikan ke orang tua untuk bisa mrnyiapkan makan pagi atau sarapan pagi dengan terpenuhi gizinya. Tentu anak- anak sudah tau makan-makanan yang sehat dan memenuhi standar gizi. 

Setelah serangkaian upacara selesai, sesuai dengan program guru penggerak dengan melaksanakan budaya positif yaitu literasi sekolah. Sejak masuk semester 2 setelah upacara siswa yang mendaftar untuk bisa tampil di depan teman-temanya. 

Di hari senin ini ada 4 siswa yang tampil. Alhamdulilah dengan adanya kegiatan literasi ini dapat memberikan motivasi  bagi anak-anak yang lain. Hal ini terbukti dengan bertambahnya anak- anak yang tampil.
Untuk yang pertana  ananda dias dari kelas 6 mebacakan sebuah puisi berjudul "Ibu". 
Untuk penampilan kedua masih dari kelas 6 dengan membacakan puisi "guruku"

Tepuk tangan dari peserta upacara menambah semangat bagi semua siswa, sehingga tak terasa matahari kian terik.Dilanjutkan penampilan ketiga yaitu siswa kela 5 dengan membacaman manfaat kertas bagi kehidupan.
Tampilan yang terakhir dari anak kelas 3 dengan menyanyikan lagu jawa " naliko aku iseh bayi". 
Luar biasa, semangat dari peserta upacara begitu besar. Terlihat dari meningkatnya peserta upacara yang tampil dati minggu ke minggu. 
Dengan diadakannya kegiatan literasi setelah upacara dengan menampilkan siswa di depan teman-temanya memberikan banyak manfaat. Diantaranya menumbuhkan sikap berani dan percaya diri.
Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Salam literasi tetap semangat dan terus berkarya. 

Gunungkidul, 17 Februari 2023




3 komentar:

  1. Program yang keren Bu. Melatih keberanian dan literasi anak.

    BalasHapus
  2. Keren Bun. Di sekolah saya dua orang perwakilan dua kelas tampil menyampaikan reviu buku yang telah selesai dibaca. Pembiasaan ini sejak 2017. Kini berlanjut kembali setelah 2tahun off gegara pandemi.

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca