Cari Blog Ini

Kamis, 02 Februari 2023

Tren Belajar Kekinian Menjadi Conten Creator

Era sekarang teknologi terus berubah. Sebagai guru kita harus bersahabat dengan teknologi. Guru harus berani mencoba teknologi baru untuk bisa meningkatkan kwalitas diri dalam menjakankan tugasnya. Teknologi memang tidak bisa menggantikan posisi guru. Namun guru yang tidak menguasai teknologi akan tertinggal. Oleh karena itu guru harus mampu ber-inofatif, kreatif, dan terus ubdate diri dalam bersamai peserta didik.  Untuk itu guru tak boleh berhenti belajar. Guru harus belajar sepanjang hayat. Siap menerima perubahan dan beradaptasi dengan perubahan. Guru harus keluar dati zona nyaman untuk belajar hal baru. 

Salah satu cara untuk bisa ubdate diri dengan mengikuti berbagai diklat serta mengikuti kelas belajar menulis. Dari sana saya banyak mendapatkan ilmu serta pengalaman dari banyak guru di berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya guru SD namun banyak guru SMP, SMA, SMK bahkan dosen. Alhamdulilah dari ilmu yang mereka share, saya mendapatkan banyak hal baru untuk bisa berinovasi. Dari ilmu dan pengalaman mereka dan sudah saya terapkan sehingga membuat peserta didik mengikuti kegiatan  belajar dengan menyenangkan. Jika mereka sudah senang dengan apa yang mereka pelajari, maka mereka pun akan semangat dan mudah menerima materi yang saya sampaikan.

Di sadari atau tidak pandemi telah merubah tatanan kehidupan tak juga dengan dunia  pendidikan. Guru di tuntut untuk bisa melaksanakan tugasnya walau tanpa tatap muka. Dari sana maka lahirlah berbagai cara agar pembelajaran tetap dilaksanakan. Kebiasaan- kebiasan pembelajaran di masa pandemi dengan daring masih membekas dan masih dapat kita lakukan dan kita share kepada peserta didik serta kepada orang lain.

Banyak inovasi baru yang bisa kita lakukan. Di antaranya kita bisa lihat tren saat ini dengan membuat konten di tik tok, Instragram atau pun di youtube.  Seperti yang sudah saya lalukan yaitu dengan membuat konten di youtube dan saya share ke grup paguyuban orang tua wali. Tanggapan yang baik dari mereka membuat saya lebih semangat. 
Tak dapat di pungkiri bahwa anak-anak sekarang akan lebih mudah menerima dan belajar dari vidio-vidio youtube yang menarik. Maka dengan saya membuat konten pembelajaran di youtube mempermudah saya untuk bisa menyampaikan materi yang saya ajarkan pada peserta didik. Mereka pun akan lebih senang menerimanya.

Bagaimana? Apakah sahabat guru bisa membuat inovasi baru dengan membuat konten di youtube mengenai materi yang kita ajarkan? 
Selamat mencoba hal baru, inovasi baru untuk kamajuan pendidikan kita. 
Salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.
Gunungkidul, 3 Februari 2023

1 komentar:

  1. Wokey banget mba inovasinya,.. sosial media banyak membantu siswa untuk belajar

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca