Cari Blog Ini

Senin, 09 September 2024

Menulis Artikel di Blog

 


Jumat, 6 September 2024, Aula BB Rulit (Belajar Bersama di Ruang Literasik Kembali mengadakan kegiatan sharing terkait dengan penulisan artikel. Kak Erniyati yang akan membagikan ilmunya kepada sahabat BBrulit. Kak  Erniyati menyampaikan mengenai penulisan artikel di blog. Berikut materi dari beliau.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karya tulis yang berisi gagasan, opini, fakta, kritik, saran, atau informasi yang dipublikasikan di media cetak atau online. Penulisan artikel, memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, membujuk, dan juga menghibur pembaca. Pada saat hendak menulis artikel, perlu untuk memperhatikan beberapa hal agar tidak terkesan menyimpang atau menyalahi aturan penulisan dalam pembuatan artikel. Berikut, hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat hendak membuat artikel, diantaranya yaitu :

1. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

2. Isi tulisan dalam artikel mengundang fakta dan opini

3. Penulisan artikel dibuat dengan sistematis

4. Bersifat aktual dan informatif

Dalam penyusunan artikel, tidak serta merta hanya asal membuat saja. Karena dalam proses menyusun artikel itu sendiri harus tetap memperhatikan segala sesuatu yang sekiranya bisa menarik minat pembaca. Hal ini, bisa dijabarkan sebagai berikut :

1. Dalam penyusunan artikel, hendaknya menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti, agar bisa mengikat pembaca

2. Mengunakan struktur yang jelas, supaya informasi yang disampaikan dalam artikel, dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca

3. Melakukan riset data dengan membaca beberapa sumber. Karena hal ini, berpengaruh terhadap kevalidan data, agar artikel tersebut dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dipercaya.

Tulisan di atas adalah pemaparan sekilas mengenai artikel. Selanjutnya, akan dibahas mengenai blog.

Pengertian Blog

Blog adalah jenis situs web yang berisi catatan, pemikiran, opini, atau pengalaman seseorang yang diunggah secara berkala. Konten dalam blog, disajikan dalam bentuk postingan-postingan yang diurutkan berdasarkan waktu publikasi. Ada banyak konten dalam blog yang sering ditemui, sebagai contoh : di Blog bisa memuat tulisan, gambar, audio, atau bahkan video.

Ketika hendak menulis artikel di blog, langkah awal yang dilakukan adalah ketahui syarat dan ketentuan dalam blog tersebut. Setelah mengetahui, maka hal ini bisa menjadi bekal untuk penulis agar artikel yang hendak dimuat tersebut, sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada pada blog itu. Adapun setiap blog, memiliki aturan yang berbeda-beda. Untuk itulah, sebagai penulis harus jeli dalam mengamati hal-hal apa saja yang perlu dilakukan, dan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Karena, jika kita melanggar syarat dan ketentuan dalam blog itu, maka kita akan dikenakan sanksi.

Kak Erni juga memberikan contoh artikel yang di tuliskan di blog kompasiana. Contoh artikel tersebut adalah artikel yang ditulis beliau di tahun 2023. Dengan menggunakan gaya bahasa yang sederhana. Hal itu di niatkan oleh beliau  untuk mempermudah dalam proses penafsiran. Agar tidak terkesan membingungkan. Nha menarik sekali untuk kita coba bisa menulis di blog ya! Yuk segera menulis. Karena menulis itu mudah yang susah adalah memulainya. Niatkan apa yang kita tulis itu bisa bermanfaat untuk orang lain. Setelah mateei di sampaikan ada kesempatan untuk peserta bertanya. Dalam kesempatan ini ada 10 penanaya, peserta sangat antusias terkait penulisan artikel di blog terutama di kompasiana.  Sepuluh pertanyaan bisa di jab oleh Kak Erni. Sampailah di penghujung kegiatan.  Alhamdulilah bersama BB Ruliat (Belajar Bersama di Ruang Literasi) snagat bermanfaat. Di sini kita banyak mendapatkan ilmu dari setiap kegiatannya. Kita nantikan kegiatan selanjutnya masih bersama BB Rulit.

Gunungkidul, 9 September 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Artikel di Blog

  Jumat, 6 September 2024, Aula BB Rulit (Belajar Bersama di Ruang Literasik Kembali mengadakan kegiatan sharing terkait dengan penulisan ar...