Cari Blog Ini

Kamis, 09 November 2023

Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Moment Terbaik untuk Belajar Bertanggungjawab

Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Moment Terbaik untuk Belajar Bertanggung jawab
Jumat, 10 November 2023 bertepatan dengan hari pahlawan. Pahlawan menurut KBBI adalah *orang yang berjuang dengan gagah berani dalam membela kebenaran*. Kita tahu Indonesia merdeka berkat perjuangan para pahlawan bangsa. Mereka berjuang bertaruh nyawa untuk mendapatkan kemerdekaan. Berkat perjuangan merekalah saat ini kita bisa merasakan hidup merdeka. Bisa kita bayangkan jika kita hidup dalam tekanan, ketakutan dan keresahan jika kita di jajah. Untuk itu bersyukur kita bisa merdeka. Lalu bagaimana kita berterimakasih pada para pejuang dan bagaimana kita bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa atas segala rahmad serta karuniaNya bangsa kita bisa merdeka. 

Tidakkah rugi jika kita hanya mengisi kemerdekaan ini dengan berfoya-foya, dengan melakukan sesuatu semau kita. Setiap orang memiliki tugas sesuai tupoksi masing-masing. Sebagai pelajar kita tentu harus berterimakasih pada para pahlawan dengan cara belajar dan mengisi kemerdekaan ini dengan hak-hal positif. 

Begitu pula jika kita sebagai guru, tugas kita begitu berat. Kita harus bisa mendidik, mengarahkan membimbing dan mengevaluasi anak-anak didik kita dengan sebaik-baiknya. Kita harus bisa memberikan contoh bagaimana kita berperilaku, bersikap dan bertindak. Sebagai seorang aparat  pun demikian kita juga harus bisa mengayomi masyarakat dan memberikan contoh-contoh yang baik. Sedangkan jika kita sebagai pengusaha atau pun pemimpin lainya kita jga harus bisa bertanggung jawab atas tugas masing-masing. Selalu menjalankan tugas kita kepada Tuhan dengan baik. InsyaAllah amalan baik  kita yang lain pun akan mengikuti.

Sebagai generasi  penerus bangsa tugas kita sangat berat. Apalagi tantangan dunia saat ini begitu berat. Kita khususnya bangsa Indonesia di jajah dengan budaya barat  yang tanpa kita sadari anak-anak kita sudah terkena imbasnya. Hp misalnya, dari hp anak-anak kita mendapatkan banyak informasi. Jika kita kurang hati-hati dan tidak mengawasi mereka. Maka anak-anak pun mudah terpengaruh dengan gaya hidup orang asing yang sangat bertolak belakang dengan budaya kita bangsa Indonesia. Sebagai orang tua kita harus jeli dan harus bisa mengontrol,  mengawasi dan mendampingi anak-anak kita dalam menggunakan hp. Sedikit kita terlena maka anak-anak kita terancam masa depanya.

Marikah di hari pahlawan ini kita berusaha untuk berjuang mulai dari diri kita masing-masing. Tanamkan sikap tanggung jawab, disiplin dan juga bekerja keras untuk bisa berikan hal terbaik untuk negeri tercinta Indonesia. Kita kenang jasa-jasa pahlawan dengan meneladani perjuangan mereka. 
Selamat hari pahlawan, salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul, 10 November 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca