Cari Blog Ini

Sabtu, 21 Oktober 2023

Tips Menulis Untuk Pemula

Selamat malam sahabat literasi di penjuru negeri. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan dari komunitas belajar bersama RULIT. Beberapa minggu ini penulis ikut bergabung dalam komunitas Rulit. Alhamdulilah banyak ilmu yang di dapat di komunitas ini. Semangat terus berkobar untuk selalu belajar hal baru. Belajar tak mengenal usia dan tempat maka di sini saya tetap ikut bergabung untuk menimba ilmu. Nha di kesempatan ini sata dapatkan ilmu dari Kak  Asri Ramadhani  yaitu Tips Untuk Penulis Pemula. 

Menulis adalah sesuatu yang menyenangkan. Mulai menulis di tahun 2020, namun  jujur diri ini masih harus terus belajar. Sebagai penulis tentu saya  harus terus belajar dan belajar.

Bagi saya, ada 4 tips yang harus dimiliki oleh seorang penulis pemula, yaitu:

*1. Tekad yang Kuat.*

Tekad yang kuat dalam diri kita biasanya muncul dari hobi dan kegemaran kita dalam suatu bidang. Jika kita sudah memiliki hobi dan suka dalam menulis, itu berarti kita harus memunculkan tekad dan membungkusnya dengan kuat agar kita mampu melewati hari-hari dengan tetap semangat untuk menulis.

Memang ada beberapa orang yang tadinya iseng ikut kelas menulis untuk tujuan tertentu, sertifikat misalnya. Buat saya itu tidak masalah, karena yang terpenting adalah dia sudah punya niat untuk belajar dalam segala hal.

*2. Ikut Komunitas Menulis.*

Ini penting buat saya, karena lingkungan yang kita inginkan harus kita ciptakan. Berada dalam lingkaran penulis akan membuat kita terpacu dalam segala hal. Saat kita ada di dalam komunitas, maka akan ada mentor yang memberi ilmu terkait kepenulisan dan membimbing tulisan kita. Juga ada teman-teman satu frekuensi yang sama-sama berusaha untuk meningkatkan kemampuan menulis kita. 

Komunitas juga penting dalam menambah teman dan relasi. Dari sini kita akan temui banyak peluang dan info terkait kepenulisan.

*3. Terus Belajar.*

Ini poin terpenting bagi saya. Belajarlah semua ilmu terkait kepenulisan, baik genre tulisan yang kita sukai atau tidak. Terlebih hal-hal mendasar dalam menulis. Alhamdulillah, sekarang banyak sekali kelas menulis gratis secara online yang diadakan berbagai komunitas literasi, bahkan difasilitasi dengan sertifikat, seperti yang kita hadiri malam ini, tentunya terima kasih banyak untuk semua jajaran Aula Rulit yang telah memberi kemudahan ini.

Dan ada satu lagi yang penting terkait belajar, bahwa ilmu itu tidak akan terlepas jika dituliskan. Maksud di sini adalah, saat mentor memberikan materi sebaiknya kita memberi tanda bintang lalu menyalinnya atau menyimpannya dalam folder khusus di perangkat kita, baik handphone atau laptop. Ini sebagai bukti keseriusan kita dalam belajar dan menggapai impian kita sebagai penulis.

*4. Ciptakan karya.*

Nah, ini adalah wadah praktik yang dapat menimbulkan rasa percaya diri. Saat kita sudah mempunyai tekad dan berada dalam komunitas yang tepat, juga terus belajar terkait kepenulisan, maka cobalah menghasilkan karya. Kosongkan waktu kita setiap hari untuk menorehkan karya, setidaknya satu jam saja. Ada seorang motivator yang mengatakan “Jika seseorang konsisten setiap hari mengerjakan sesuatu dalam satu jam saja. Maka, lihatlah setelah lima tahun dia akan menjadi ahli dalam bidang tersebut.”

Percaya atau tidak karya yang telah kita capai sedikit demi sedikit pasti akan menjadi bukit. Dari pengalaman saya setelah belajar menulis saya telah menghasilkan 4 buku solo dan kurang lebih 35 buku antalogi.  Ayo, kita buktikan bersama. 
Seperti yang pernah saya dapatkan dari seorang motivator yaitu ohm Jay bahwa " menulislah setiap hari dan buktikan keajaiban yang terjadi" 

Menghasilkan sebuah karya adalah keinginan semua orang yang sedang berjuang, apapun profesinya. Maka, manfaatkanlah event-event kepenulisan yang tersebar di dunia maya maupun dunia nyata, kalah menang bukanlah prioritas utama. Mendapat royalti juga tidak kita jadikan patokan. Berkarya saja dulu, suatu saat semesta akan mengharumkan nama kita.

Demikian sedikit ilmu yang saya dapatkan dari RULIT, semoga bermanfaat. Berbagi itu indah berbagi itu tidak akan rugi. 

Salam sehat, salam literasi, selamat berkarya.

Gunungkidul, 21 Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca